Makanan untuk Penderita Asam Lambung, hingga Cara Meredakannya

Penyakit asam lambung atau gastroesophageal reflux disease (GERD) seringkali dialami oleh banyak orang. Mulai dari remaja, dewasa, hingga orang tua. Kenali makanan untuk penderita asam lambung berikut
Image title
14 September 2021, 09:35
Makanan untuk penderita asam lambung
Freepik
Ilustrasi sakit asam lambung

Rasa panas di dada, pahit di tenggorokan serta perut kembung penuh gas merupakan tanda penyakit asam lambung. Hal ini terjadi ketika ada aliran balik asam dari lambung ke kerongkongan. Bahkan dapat menyebabkan komplikasi.

Salah satu penyebab asam lambung naik adalah karena katup kerongkongan bawah (LES) melemah atau rusak. LES biasanya menutup untuk mencegah makanan di perut naik kembali ke kerongkongan. Selain itu, makanan yang dikonsumsi bisa memengaruhi jumlah asam yang diproduksi dalam perut.

Melansir healthline.com, makanan yang masuk ke dalam tubuh menjadi faktor utamapenyebab asam lambung meningkat. Oleh sebab itu, makanan untuk penderita asam lambung atau gastroesophageal reflux disease (GERD) harus lebih diperhatikan.

Makanan untuk Penderita Asam Lambung

Penyakit asam lambung dapat diminimalisir dengan menjalani pola hidup yang sesuai. Penderita asam lambung dianjurkan menjaga berat badan ideal, makan dalam porsi kecil tapi sering, serta menghindari konsumsi alkohol dan merokok. Selain itu, untuk meringankan penyakit asam lambung bisa dengan mengubah pola makan yang baik, termasuk menjaga kadar asam dalam tubuh.

1.Sayuran Hijau

Sayuran secara alami mengandung kadar gula dan lemak yang rendah, sehingga bisa membantu mengurangi sakit asam lambung. Beberapa pilihan sayuran hijau untuk dikonsumsi saat asam lambung naik, antara lain:

2. Buah-buahan

Buah buahan yang bersifat basa alias mengandung alkali juga dapat membantu menurunkan asam lambung. Buah-buahan rendah asam akan membantu penderita, dengan cara melapisi lapisan esofagus yang teriritasi. Beberapa buah yang termasuk kategori non acidic di antaranya:

  • Pisang

Pisang juga memiliki kandungan serat tinggi yang bisa membantu mencegah gangguan pencernaan. Salah satu serat larut yang ditemukan dalam pisang yaitu pektin, bermanfaat membantu memperlancar perpindahan isi perut melalui saluran pencernaan. Hal ini baik karena makanan yang tinggal dalam waktu lama akan terus menghasilkan asam.

  • Melon

Sama seperti pisang, melon juga merupakan buah yang sangat basa. Buah ini adalah sumber magnesium yang baik, kandungan yang juga ditemukan di banyak obat untuk refluks asam.

Selain itu, melon juga memiliki pH 6,1 yang membuatnya memiliki sedikit asam. Jenis melon yang paling baik dikonsumsi oleh pengidap asam lambung adalah cantaloupe dan honeydew melon.

  • Apel dan Pir

Buah apel dan pir memiliki kandungan serat tinggi dan  baik dikonsumsi oleh penderita asam lambung. Buah yang tinggi serat seperti ini akan membuat Anda cepat merasa kenyang, sehingga tidak akan makan berlebihan.

  • Pepaya

Populer sebagai makanan pelancar buang air besar, tidak banyak yang tahu bahwa pepaya ternyata baik untuk penderita sakit maag. Manfaat ini berasal dari enzim papain yang banyak ditemukan pada getah pepaya.

Tubuh menggunakan enzim pepsin yang dihasilkan lambung untuk mencerna protein. Namun, enzim ini hanya aktif pada kondisi lambung yang asam. Bagi penderita GERD, kadar asam yang tinggi dapat merusak lapisan lambung dan kerongkongan.

Enzim papain pada pepaya membantu melancarkan kerja sistem pencernaan dengan cara mempermudah proses pemecahan protein. Alhasil, proses pencernaan menjadi lebih singkat dan lambung tidak terlalu lama terpapar asam lambung.

Dengan kata lain, enzim papain bisa meredakan gejala asam lambung. Enzim ini bekerja dengan mengurangi beban kerja sistem pencernaan. Atas dasar itulah, pepaya dinilai bisa menjadi makanan yang baik untuk penderita GERD.

3. Makanan rendah lemak

Konsumsi daging tanpa lemak, seperti ayam, kalkun, ikan, dan makanan laut baik dilakukan oleh penderita asam lambung karena bisa mengurangi gejala refluks. Seperti diketahui, penderita asam lambung tidak dianjurkan untuk mengonsumsi makanan mengandung lemak tinggi. Hal itu dikarenakan, makanan berlemak tinggi akan menambah produksi asam jauh lebih banyak.

Makanan tinggi lemak juga cenderung tertahan lebih lama di lambung, serta memicu otot di bagian bawah esofagus mulai rileks sampai terjadi refluks asam lambung.

4. Lidah Buaya

Lidah buaya tidak hanya bermanfaat untuk kecantikan, lidah buaya juga bermanfaat untuk mengatasi gangguan pencernaan, termasuk penyakit asam lambung. Berdasarkan penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Enviromental Science and Health, mengonsumsi jus lidah buaya terbukti bisa membantu mencegah lonjakan asam lambung karena komponen anti-inflamasinya.

5. Yogurt

Penderita asam lambung selama ini mungkin lebih memilih menghindari konsumsi yogurt karena memiliki rasa asam, yang dikhawatirkan memperburuk keadaan lambung. Namun, yogurt justru memiliki efek yang baik untuk penderita asam lambung karena sudah difermentasi.

Asam Lambung
Ilustrasi penderita asam lambung (Freepik)

 

Minuman untuk Penderita Asam Lambung

Tak hanya makanan, ada pula beberapa minuman yang baik dikonsumsi oleh penderita asam lambung.

1. Teh jahe

Jahe dikenal baik untuk mengobati berbagai masalah pencernaan. Pasalnya, bahan yang diambil bagian akarnya ini memiliki sifat antiradang yang kuat, sehingga mampu meredakan nyeri dada akibat naiknya asam lambung (heartburn).

Meski begitu, masih diperlukan banyak penelitian untuk membuktikan manfaat jahe untuk penderita asam lambung. Sampai saat ini, khasiat jahe lebih dikenal untuk meredakan mual dan muntah yang merupakan salah satu gejala maag.

Cara mengolah jahe untuk mengatasi gangguan pencernaan cukup mudah. Selain menjadi bumbu untuk berbagai jenis masakan, jahe juga bisa diolah menjadi teh atau sebagai perasa alami tambahan.

2. Susu rendah lemak

Anda sebaiknya menghindari susu whole milk (full fat) jika tidak ingin gejala penyakit asam lambung semakin parah. Sebaliknya, pilihlah susu rendah lemak seperti susu skim yang lebih bersahabat dengan sistem pencernaan karena mudah dicerna.

Susu rendah lemak aman dikombinasikan bersama makanan dan minuman lain yang juga disarankan bagi penderita penyakit asam lambung. Waktu pencernaan yang singkat mencegah naiknya asam lambung dalam jumlah yang berlebihan.

3. Teh chamomile

Minuman lain yang bisa Anda coba untuk mengendalikan gejala refluks asam lambung adalah teh chamomile. Minuman ini sejak lama dianggap sebagai obat asam lambung alami, karena kaya akan zat antiradang.

Teh chamomile juga membantu meredakan stres, yang merupakan salah satu pemicu naiknya asam lambung. Meminum secangkir teh chamomile hangat sudah cukup untuk membuat tubuh Anda terasa lebih nyaman dan rileks.

Tidak ada salahnya menyimpan teh dari tanaman bunga cantik ini di dapur Anda. Cobalah meminumnya secara rutin sebagai pendamping makanan. Teh itu juga bermanfaat untuk meringankan keluhan penyakit asam lambung Anda.

4. Susu almon

Selain menyehatkan, susu almon juga bermanfaat bagi penderita penyakit asam lambung. Ini karena, susu almon memiliki sifat alkali atau basa seperti halnya pisang dan melon. Hal ini membantu menetralkan kondisi lambung yang asam.

Tidak hanya itu, susu almon juga terkenal dengan kandungan lemaknya yang rendah, sehingga aman diminum oleh penderita maag. Dengan demikian, gejala maag akibat kenaikan asam lambung bisa dikendalikan.

5. Air lemon

Jus lemon atau air lemon umumnya dianggap sangat asam. Tetapi jus lemon yang dicampur dengan air hangat dan madu memiliki efek alkali yang menetralkan asam lambung. Selain itu, madu juga memiliki antioksidan alami yang berfungsi melindungi kesehatan sel.

Cara Alami Meredakan Asam Lambung

Penyakit asam lambung yang berlangsung cukup lama dapat menyebabkan komplikasi kesehatan, seperti luka pada dinding kerongkongan, penyempitan kerongkongan, perubahan sel pada bagian kerongkongan. Tidak ada salahnya mengatasi gejala asam lambung dengan cara alami.

1. Mengonsumsi Buah Pisang

Kandungan antasida dalam pisang dapat menekan asam lambung yang naik menuju kerongkongan. Tidak ada salahnya mencoba untuk mengonsumsi buah pisang, agar gejala asam lambung Anda dapat reda dan bisa kembali merasa nyaman.

2. Tidak Mengonsumsi Makanan Terlalu Banyak

Gejala asam lambung akan semakin parah ketika pengidap mengonsumsi makanan. Hindari mengonsumsi makanan dalam jumlah besar, ini untuk mengurangi gejala akibat penyakit asam lambung. Makanlah dengan porsi kecil namun dalam frekuensi cukup sering.

3. Mengunyah Permen Karet

Mengunyah permen karet saat mengalami gejala asam lambung dapat menjadi cara alami untuk meredakan gejala asam lambung. Namun, pastikan kamu mengunyah permen karet yang tidak mengandung pemanis alami agar gigi tidak mengalami kerusakan.

4. Lakukan Gaya Hidup Sehat

Menghindari kebiasaan mengonsumsi alkohol dan merokok dapat dilakukan untuk meredakan gejala penyakit asam lambung. Sebaiknya penuhi kebutuhan cairan dengan mengonsumsi air putih. Selain dapat meredakan gejala asam lambung, pemenuhan kebutuhan cairan per hari dapat menghindari risiko dehidrasi alias kekurangan cairan.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait