Penyakit Asam Lambung dan Cara Mengobatinya

Siti Nur Aeni
27 Juli 2021, 19:22
Ilustrasi sakit asam lambung
pixabay.com
Ilustrasi sakit asam lambung

Penyakit asam lambung merupakan penyakit yang sering dikeluhkan banyak orang. Penyakit ini datang menghampiri siapa saja dan tak mengenal usia. Penyakit ini menyebabkan gangguan pada organ pencernaan sehingga membuat tidak nyaman.

Asam lambung ini bukan datang tanpa sebab, ada beberapa makanan yang terkadang bisa memicu penyakit yang satu ini. Gejala dari penyakit ini sebenarnya mudah di kenali, untuk mengobatinya juga ada beberapa cara. Untuk informasi lebih lengkap mengenai penyakit yang satu ini, Anda bisa membaca penjelasan di bawah ini sampai selesai.

Advertisement

Apa Itu Asam Lambung

Asam lambung adalah kondisi ketika cairan asam pada lambung naik ke esofagus atau kerongkongan. Keadaan ini yang membuat saluran pencernaan, yang menghubungkan mulut dengan lambung, iritasi. Peradangan inilah yang membuat menjadi tidak nyaman. Asam lambung yang naik biasanya menyebabkan nyeri di ulu hati atau pada area dada bagian bawah. Kondisi tersebut dikenal juga dengan nama GERD atau gastroesophageal reflux disease.

Interval dari gangguan ini disetiap orang beda-beda. Biasanya gaya hidup menjadi pemicu utama mengapa penyakit ini mudah datang. Maka dari itu biasanya mereka yang memiliki riwayat GERD pasti akan sangat berhati-hati dalam memilih makanan atau minuman yang dikonsumsi, sebab hal tersebut menjadi pemicu utama kenaikan asam di lambung.

Makanan Penyebab Asam Lambung Naik

Ada beberapa makanan yang ternyata bisa memicu asam lambung naik. Jadi, untuk anda yang memiliki riwayat gangguan ini, alangkah baiknya jika mulai saat ini berusaha untuk mengurangi makanan atau minuman berikut ini:

1. Gorengan

Makanan yang memiliki banyak lemak seperti gorengan bisa mamicu asam lambung menjadi cepat naik. Makanan berlemak inilah yang menyebabkan sfingter esofagus menjadi lemah, sehingga asam yang ada di lambung mudah naik ke kerongkongan.

2. Makanan berlemak

Makanan berlemak seperti jerohan, lemak daging sapi atau kambing, serta daging olahan seperti ham, smoked beef, burger, dan sejenisnya juga bisa menyebabkan asam lambung mudah naik. Sama halnya dengan gorengan, makanan yang berlemak ini juga bisa membuat sfingter esofagus melemah dan berakibat naiknya asam dari perut ke kerongkongan.

3. Makanan dan minuman yang mengandung kafein

Kandungan kafein dalam makanan atau minuman biasanya menjadi pilihan terlebih saat kantuk datang. Kafein yang ada di minuman sehari-hari seperti kopi, teh, coklat, minuman bersoda, dan minuman berenergi ternyata bisa menyebabkan asam lain meningkat. Kandungan kafein menyebabkan hormon gastrin meningkat. Jika hormon ini tinggi maka otot esofagus bisa melemah dan menyebabkan asam lambung naik.

4. Makanan yang rasanya pedas

Makanan pedas memang menjadi daya tarik tersendiri. Beberapa makanan bercita rasa pedas sukses menggugah selera makan. Akan tetapi jika anda memiliki riwayat sakit maag sangat disarankan untuk menghindari makanan pedas.

Kandungan capsaicin yang ada di cabai menyebabkan sistem pencernaan bekerja lebih lambat. Hal ini bisa menjadi pemicu penyakit maag. Selain itu, makanan pedas umumnya bisa bertahan di dalam perut dalam waktu yang lebih lama dibandingkan dengan makanan lainnya. Makanan yang terlalu lama ada di dalam perut bisa menyebabkan asam lambung menjadi naik.

5. Minuman berkarbonasi

Minuman berkarbonasi atau bersoda bisa membuat perut menjadi kembung dan membuat otot esofagus bagian bawah melemah. Hal ini yang menjadi pemicu asam lambung meningkat. Tak jarang minuman berkarbonasi juga memiliki kandungan kafein, sehingga risikonya lebih tinggi lagi.

6. Buah-buahan citrus

Buah citrus seperti jeruk, lemon, jeruk bali, dan sejenisnya ternyata menjadi pantangan lain untuk mereka yang sering mengalami maag. Meskipun buah-buahan tersebut mengandung vitamin c yang baik untuk tubuh, namun untuk penderita GERD harus lebih berhati-hati saat mengkonsumsi buah tersebut.

7. Makanan bercita rasa asin

Selain makanan pedas, gejala asam lambung juga bisa disebabkan oleh makanan yang memiliki rasa asin. Meskipun belum diketahui secara pasti mengapa makanan ini bisa menyebabkan asam lambung meningkat, namun sebagian peneliti menyebutkan bahwa makanan yang memiliki natrium atau garam tinggi dapat menyebabkan refluks asam.

Hal tersebut lah yang bisa menyebabkan asam lambung meningkat. Belum lagi banyak makanan asin yang di masak dengan cara di goreng, sehingga risikonya semakin tinggi. Jika anda sering mengalami masalah maag, alangkah baiknya untuk mengurangi makanan asin ini.

8. Alkohol

Tidak hanya soda dan minuman berkafein saja yang bisa menyebabkan asam pada lambung naik, minuman yang mengandung alkohol juga bisa menyebabkan penyakit tersebut kambuh. Alkohol bisa menyebabkan iritasi dan pengkikisan pada lapisan perut. Hal tersebut menyebabkan perut menjadi lebih sensitif dan risiko maag menjadi lebih besar.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement