Mendag Incar Ekspor Produk Serat Indonesia Jadi Pemain Global

Cahya Puteri Abdi Rabbi
2 Desember 2021, 10:29
ekspor, kementerian perdagangan, menteri perdagangan, viscose rayon, pasar global
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Ilustrasi perdagangan tekstil di Pasar Minggu, Jakarta (14/10/2019). Pada akhir 2017, surplus volume neraca dagang industri benang mencapai 766.992 ton. Adapun, volume produksi industri benang lokal mencapai 2,2 juta ton benang.

Kementerian Perdagangan alias Kemendag berharap Indonesia bisa menjadi pemain pasar global dalam hal ekspor produk serat. Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi secara resmi melepas produk serat viscose rayon produksi PT Asia Pacific Rayon (APR) ke pasar global dan domestik, Rabu (1/12) di Pangkalan Kerinci, Kabupaten Pelalawan, Provinsi Riau.

"Ke depan, semoga APR menjadi perusahaan yang berkelanjutan dan mampu berkompetisi di masa depan, tidak hanya menjadi pemain regional, namun juga menjadi pemain di pasar global,” kata Lutfi dalam keterangan resminya, Rabu (1/12).

Advertisement

Pengiriman ekspor produk serat viscose rayon ini ditandai dengan pelepasan sejumlah truk kontainer oleh Mendag, didampingi Wakil Gubernur Riau Edy Natar Nasution, Bupati Pelalawan Zukri Misran, RGE Managing Director Anderson Tanoto, COO APRIL Eduward Ginting dan Direktur APR Basrie Kamba.

Sementara itu, Eduward mengatakan, produksi dan pemasaran produk serat viscose rayon APR tetap menunjukkan kinerja positif. Di sisi lain, dunia juga tengah dihadapkan tantangan dari dampak pandemi Covid-19.

Eduward menyebutkan, kegiatan pelepasan kontainer ekspor viscose rayon ke pasar global dan pasar domestik, merupakan pencapaian baru APR dalam upaya memperkuat industri tekstil nasional, sekaligus mengurangi ketergantungan impor bahan baku tekstil negara lain.

Selain itu, Lutfi juga melepas ekspor kertas PaperOne, produksi PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) yang telah dijual ke lebih dari 75 negara dengan total ekspor mencapai 755 ribu ton. 

Halaman:
Reporter: Cahya Puteri Abdi Rabbi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement