Swiss Siap Bantu Indonesia Amankan Rantai Pasok Global dan Logistik

Intan Nirmala Sari
26 Februari 2022, 13:01
Swiss, Kementerian Luar Negeri, Logistik, kelapa sawit
Kemenlu

Swiss berkomitmen untuk membantu Indonesia mengatasi masalah rantai pasok global dan logistik. Hal tersebut dinyatakan pada Pertemuan Sesi ke-9 Komisi Bersama Ekonomi dan Perdagangan (JETC) Indonesia-Swiss, Kamis (24/2).

“Perusahaan pelayaran Swiss siap bantu mengatasi permasalahan rantai pasok global dan logistik di Indonesia, melalui pembukaan jalur pelayaran langsung dari Indonesia ke negara tujuan ekspor," ujar Kepala Hubungan Ekonomi Bilateral Asia dan Oseania Kementerian Ekonomi Swiss, Fabienne Wassermann dalam keterangan resmi, Jumat (25/2).

Sementara itu, terkait kelapa sawit, Dirjen Amerika dan Eropa (Amerop), Kementerian Luar Negeri alias Kemenlu RI Dubes Ngurah Swajaya, berharap pemerintah Swiss dapat menerima sertifikasi kelapa sawit berkelanjutan Indonesia (ISPO) dalam waktu dekat. Di mana, ISPO merupakan salah satu dari empat sertifikasi yang telah diakui dalam ordonansi atau peraturan kelapa sawit di Swiss.

Pada pertemuan tersebut, Swiss juga berkomitmen membantu peningkatan kapasitas petani sekala kecil Indonesia, melalui sekema kerja sama pembangunan 2021-2024.

Swajaya juga menyambut baik rencana kunjungan Menteri Ekonomi, Pendidikan dan Riset Swiss Guy Parmelin beserta delegasi bisnis ke Indonesia Maret 2022. Dia juga menyampaikan, kerja sama konkret  diharapkan dapat tercapai selama kunjungan.

Kedua delegasi juga membahas program-program kerja sama menyusul pemberlakuan perjanjian kemitraan ekonomi komprehensif Indonesia dengan negara-negara EFTA (Swiss, Norwegia, Islandia, Liechtenstein) sejak 1 November 2021.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...