Kapal Phinisi dan Patung Jokowi Siap Sambut Gelaran MotoGP Mandalika

Intan Nirmala Sari
13 Maret 2022, 14:28
Motogp, mandalika, Jokowi, lombok, pertamina
Kemenparekraf
Sirkuit Mandalika dengan background keindahan Laut Mandalika, Lombok Tengah, NTB

Pemerintah menyiapkan satu kapal besar dan lima kapal phinisi untuk memastikan ketersediaan penginapan untuk wisatawan selama gelaran Pertamina Grand Prix of Indonesia atau MotoGP Mandalika 2022, di Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden RI, Helson Siagian mengatakan akomodasi laut tersebut akan dijadikan hotel terapung. Helson mengatakan, kapal-kapal tersebut akan bersandar di pelabuhan Lembar dan siap digunakan mulai 18 Maret sampai gelaran MotoGP selesai.

Advertisement

Dia merinci, kalau perusahaan pelayaran negara, Pelni telah menyiapkan KM Kelud berkapasitas 2.500 orang. Sedangkan Pelindo menyiagakan lima kapal phinisi, Masing-masing berkapasitas 20 orang. 

"Untuk reservasi dan penjualan diserahkan pada pemda NTB," kata Helson dalam keterangan resminya, Minggu (13/3).

Dia juga memastikan bahwa pemerintah sudah melakukan berbagai simulasi, termasuk kelancaran pelayanan dan pengamanan di pelabuhan. "Ini terkait dengan operasional hotel terapung," ujarnya.

Sebagai informasi, data Dinas Pariwisata NTB menyebutkan dari 17.833 total akomodasi yang tersedia, sebanyak 11.169 akomodasi atau 62 % akomodasi telah tersewa. Bahkan, dalam rentang tanggal 4 hingga 7 Maret 2022, sebanyak 547 akomodasi telah dipesan.

Adapun sebaran akomodasi daratan ini tidak hanya berpusat di Mandalika dan Mataram saja, melainkan juga tersebar di Sembalun, Jerowaru, Gili, dan Tete Batu.

Sebelumnya, Startup Bobobox menggaet EIGER Adventure dalam menyediakan fasilitas kemah atau campsite di Desa Kuta, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah. Perusahaan rintisan ini membidik penonton ajang MotoGP Mandalika.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement