Kapal Phinisi dan Patung Jokowi Siap Sambut Gelaran MotoGP Mandalika

Dinas Pariwisata NTB menyebutkan 62 % akomodasi MotoGP Mandalika telah tersewa. Sebaran akomodasi menyebar di luar Mandalika dan Mataram, seperti Sembalun, Jerowaru, Gili, dan Tete Batu.
Image title
13 Maret 2022, 14:28
Motogp, mandalika, Jokowi, lombok, pertamina
Kemenparekraf
Sirkuit Mandalika dengan background keindahan Laut Mandalika, Lombok Tengah, NTB

Pemerintah menyiapkan satu kapal besar dan lima kapal phinisi untuk memastikan ketersediaan penginapan untuk wisatawan selama gelaran Pertamina Grand Prix of Indonesia atau MotoGP Mandalika 2022, di Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden RI, Helson Siagian mengatakan akomodasi laut tersebut akan dijadikan hotel terapung. Helson mengatakan, kapal-kapal tersebut akan bersandar di pelabuhan Lembar dan siap digunakan mulai 18 Maret sampai gelaran MotoGP selesai.

Dia merinci, kalau perusahaan pelayaran negara, Pelni telah menyiapkan KM Kelud berkapasitas 2.500 orang. Sedangkan Pelindo menyiagakan lima kapal phinisi, Masing-masing berkapasitas 20 orang. 

"Untuk reservasi dan penjualan diserahkan pada pemda NTB," kata Helson dalam keterangan resminya, Minggu (13/3).

Advertisement

Dia juga memastikan bahwa pemerintah sudah melakukan berbagai simulasi, termasuk kelancaran pelayanan dan pengamanan di pelabuhan. "Ini terkait dengan operasional hotel terapung," ujarnya.

Sebagai informasi, data Dinas Pariwisata NTB menyebutkan dari 17.833 total akomodasi yang tersedia, sebanyak 11.169 akomodasi atau 62 % akomodasi telah tersewa. Bahkan, dalam rentang tanggal 4 hingga 7 Maret 2022, sebanyak 547 akomodasi telah dipesan.

Adapun sebaran akomodasi daratan ini tidak hanya berpusat di Mandalika dan Mataram saja, melainkan juga tersebar di Sembalun, Jerowaru, Gili, dan Tete Batu.

Sebelumnya, Startup Bobobox menggaet EIGER Adventure dalam menyediakan fasilitas kemah atau campsite di Desa Kuta, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah. Perusahaan rintisan ini membidik penonton ajang MotoGP Mandalika.

Ajang MotoGP Mandalika bakal digelar selama 18 – 20 Maret. Kunjungan wisatawan terkait pegelaran ini diperkirakan mencapai 100 ribu.

Mandalika terkenal dengan pesona keindahan alam berupa pantai-pantai yang berpadu dengan deretan bukit. Bobobox menggandeng brand lokal penyedia perlengkapan kegiatan luar ruang EIGER Adventure untuk menyediakan fasilitas penginapan dengan pemandangan ini.

Keduanya mengembangkan fasilitas campsite seluas 3.000 meter persegi tepat di bibir Pantai Kuta. Letaknya tidak jauh dari Bandara Internasional Lombok dan lokasi ajang MotoGP 2020. Campsite itu diberi nama ‘Bobobox x EIGER Campsite’. Kapasitasnya 250 pax dengan total 80 tenda yang terdiri dari tipe santalum untuk 2 - 3 orang dan casuarina  untuk 3 - 4 orang.

Di sisi lain, Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah menyatakan patung Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) menggunakan motor custom telah terpasang di depan pintu masuk Sirkuit Mandalika, Lombok Tengah, NTB. Melansir Antara, patung tersebut dinilai bisa menjadi ikon titik foto bagi wisatawan maupun penonton MotoGP Mandalika.

"Alhamdulillah tadi kami sudah saksikan pemasangan replika patung Presiden Jokowi, ini bisa menjadi ikon spot foto para wisatawan," kata Bupati Lombok Tengah, H Lalu Pathul Bahri di Praya, Minggu (13/3).

Dia berharap Kabupaten Lombok Tengah bisa menjadi satelit dari kemajuan daerah, dan Sirkuit Mandalika menjadi pintu masuk kemajuan pembangunan di segala sektor di Bumi Tastura itu. Untuk itulah, dia meminta masyarakat untuk tidak mempersoalkan pemasangan replika Patung Presiden RI Joko Widodo.

Sebagai Bupati, H Lalu menilai pemasangan patung menjadi simbol pemimpin dan tokoh, layaknya patung-patung yang sudah ada di berbagai daerah di Indonesia. "Di daerah kita saja, banyak sekali sudah berdiri patung-patung simbol pemimpin, termasuk Patung Mandalika yang menjadi simbol pemersatu dan simbol pengorbanan untuk kepentingan orang banyak. Jadi tidak masalah bagi saya," katanya.

Bupati menilai Patung Presiden Jokowi tersebut adalah sebuah karya seni yang diaktualisasikan dalam pahatan tiga dimensi. Patung dimaknai sebagai karya seni yang memiliki nilai artistik atau keindahan.

Replika Patung Presiden Jokowi juga diharapkan menjadi salah satu sarana wisata yang bisa dinikmati oleh masyarakat lokal maupun wisatawan domestik dan mancanegara.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait