Harta Kadinkes Lampung Tak Wajar, KPK Bakal Panggil Pasca Lebaran

Amelia Yesidora
21 April 2023, 12:36
KPK, Kadinkes Lampung
Arief Kamaludin|KATADATA

Komisi Pemberantasan Korupsi alias KPK menilai ada kejanggalan dalam harta kekayaan Kepala Dinas Kesehatan Lampung Reihana. Menurut Lembaga Antirasuah, harta yang dilaporkan perempuan ini melalui Laporan Harta Kekayaan Penyelenggaran Negara atau LHKPN tidak cocok dengan profilnya.

"Hartanya terlalu sedikit," kata Deputi Pencegahan KPK Pahala Nainggolan, melansir Tempo, Kamis (20/4). 

Advertisement

Meski demikian Pahala berujar temuan itu barulah hasil analisis awal yang dilakukan KPK terhadap LHKPN yang disetor ke lembaga tersebut. Selanjutnya KPK akan menganalisis lebih dalam ke rekening bank hingga sertifikat tanah Kadinkes Lampung tersebut.

Hasil analisis ini yang kemudian menentukan kecocokan antara laporan dan harta asli yang dimiliki Reihana. Bermodal analisis ini, KPK bisa meminta Reihana ke Jakarta untuk mengklarifikasi harta kekayaannya.

“Setelah lebaran kalau ada ketidakcocokan akan kami undang klarifikasi,” kata Pahala.

Sebelumnya Provinsi Lampung memang sudah didera kritik lantaran infrastrukturnya tidak kian maju. Kini warganet mendapat temuan baru: Kadinkes Lampung tidak berganti 14 tahun lamanya. Bukan hanya itu, ia kerap terlihat menggunakan berbagai tas mewah yang harganya capai ratusan juta.

Halaman:
Reporter: Amelia Yesidora
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement