Moeldoko Main Film: Ini Fakta Karier, Harta dan Kiprah Politik

Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko main film Air Susu Kau Balas Air Teh. Jadi petani sukses.
Ira Guslina Sufa
27 September 2022, 19:18
Moeldoko main film air susu kau balas air tuba
youtube Woko Channel
Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko Main Film Air Susu kau Balas Air Teh

Nama Kepala Staf Kepresidenan, Moeldoko menjadi ramai di media sosial setelah ia tampil dalam film pendek Air Susu Kau Balas Air Teh. Dalam adu akting dengan pemain Woko Channel itu, Moeldoko tampil luwes dan santai dan mendapat sambutan dari warganet.

Sejak diunggah pada Senin (26/9), video berdurasi 42 menit itu telah ditonton oleh 1,8 juta kali dan mendapat komentar lebih dari 6 ribu. Dalam video tersebut Moeldoko berperan sebagai petani.

“Semakin jhos… bisa berkolaborasi dengan Pak Moeldoko. Dengan edukasi tentang pertanian Woko channel memang bisa mantap, di samping bisa menghibur juga bisa untuk edukasi,” komentar akun @sutomo tomo.

 

Advertisement

 

Akun @InangNingrum tak lupa mengomentari kepiawain Moeldoko dengan mengaitkan pada latar belakangnya dari TNI. Apalagi Moeldoko pernah menjabat sebagai Panglima TNI 2013-2015.

“TNI, asli pengayom masyarakat dari rakyat kembali ke rakyat. Biarpun pensiunan tampak gagah, sehat, bermasyarakat, tidak ada cerminan sombong,” ujar @inangningrum.

 Dalam film Air Susu Kau Balas Air Teh itu, Moeldoko berperan sebagai petani yang berasal dari Kediri. Di film itu ia bernama Kang Moel yang memiliki beberapa petak sawah.

Sebagai petani, dalam film itu Moeldoko tampil kasual dengan kaos dan topi. Pada beberapa kesempatan Moeldoko menyematkan pesan agar tetap menjaga kedamaian dan menghindari kekerasan. Ia juga memberi tips kepada petani mengenai cara meningkatkan produksi.

 

 

Rekam Jejak Moeldoko

Moeldoko merupakan putra kelahiran Desa Pesing, Kecamatan Purwosari, Kediri, Jawa Timur. Pria 65 tahun mulai menempuh pendidikan militer di Akabri pada 1981. Ia pun terpilih menjadi lulusan terbaik dan menerima penghargaan Bintang Adhi Makayasa.

Saat berkarir di TNI, Moeldoko pernah ikut dalam beberapa operasi militer. Ia terlibat dalam Operasi Seroja di Timor Timur pada 1984. Moeldoko juga pernah ikut dalam misi perdamaian Konga Garuda XI/A pada 1995 dan pernah bertugas di Selandia baru, Singapura, Jepang, Kuwait, dan Amerika Serikat.

Karir tertingginya di militer adalah saat menjabat Panglima TNI pada masa Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Pada masa kepemimpinan Presiden Joko Widodo ia ditunjuk sebagai Kepala Staf Kepresidenan.

 

 

Kekayaan Moeldoko

Tampil sebagai petani sukses dalam film Air Susu Kau Balas Air Teh, kehidupan nyata Moeldoko pun tak jauh berbeda. Selain sukses dalam karirnya di militer, ia juga tercatat memiliki kekayaan yang cukup.

Berdasarkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) 2020, Moeldoko tercatat memiliki kekayaan di kisaran Rp 46 miliar. Harta itu tersebar dalam bentuk tanah dan bangunan yang tersebar di Bogor, Jakarta, Pasuruan dan Surabaya. Adapun untuk tanah dan bangunan itu total kekayaan Moeldoko adalah Rp 36 miliar.

Masih berdasar LHKPN, nilai harta bergerak yang dimiliki sebesar Rp 204 juta. Ada juga kas dan setara kas senilai Rp 4,7 miliar. Sedangkan harta lain tercatat Rp 5,6 miliar.

 

 

Kiprah Moeldoko di Demokrat

Tak hanya di militer, nama Moeldoko juga jadi buah bibir di politik. Namanya mencuat setelah menggoyang Partai Demokrat dengan menggelar Kongres Luar Biasa pada 2020. Pada kongres yang digelar di Hotel The Hill Sibolangit, Deli Serang Sumatera Utara itu ia terpilih sebagai Ketua Umum.

Dalam kongres itu, Moeldoko bersaing dengan mantan Ketua DPR Marzuki Alie. Namun hasil Kongres Luar Biasa itu tidak diakui dan jabatan Ketua Umum Demokrat dipegang oleh Agus Harimurti Yudhoyono.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait