Moeldoko Minta Relawan Jokowi Jaga Pangan dan Energi: Tanam Apapun

Syahrizal Sidik
19 Juni 2022, 20:17
Pesan Moeldoko Agar RI Bertahan dari Krisis Pangan dan Energi
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/pras.
Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko

Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko menyatakan saat ini negara-negara di dunia sedang menghadapi krisis pangan dan energi.

Ini disampaikan Moeldoko saat bersilaturahmi dengan relawan Jokowi se-Karesidenan Pati, di stadion Kamal Junaidi, Jepara Jawa Tengah, Minggu (19/6). Kehadiran Moeldoko ini mewakili Presiden Joko Widodo.

Menurutnya, ketika semua negara sedang berupaya memulihkan diri pasca pandemi COVID-19, ekonomi dunia kembali terguncang akibat perang Rusia-Ukraina. Harga-harga komoditas naik dan mahal. Negara-negara dunia juga mulai menahan ekspor pangan dan energinya.

"Menghadapi ini kita harus memperkuat ketahanan energi dan pangan. Kita harus bisa menanam apapun. Entah itu, jagung, ketela, atau sorgum yang baru-baru ini dicanangkan oleh Presiden," ungkap Moeldoko, dalam siaran pers, Minggu (19/6).

Isu mengenai ketahanan pangan dan energi juga kan menjadi fokus pembahasan pada pertemuan KTT G20 di Indonesia yang akan menghadirkan Organisasi Pangan dan Pertanian (FAO).

Panglima TNI 2013-2015 itu juga meminta para relawan Jokowi terus mengawal dan mendukung penuh jalannya pemerintahan hingga selesai pada 2024. Selama dua tahun terakhir, selain upaya menghentikan pandemi, pemerintahan Presiden Jokowi tetap konsisten menjalankan semua program kerja prioritas dan  program pemulihan ekonomi.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...