Anies Akan Datangi DPP Demokrat, Pinang AHY jadi Cawapres?

Ade Rosman
6 Oktober 2022, 21:08
Anies. AHY
ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/hp.
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (kedua kiri) bersama para delegasi U20 Mayors Summit melintas di Zebra Cross Dukuh Atas saat Jakarta City Tour di Jakarta, Senin (29/8/2022).

Calon Presiden dari Partai Nasdem Anies Baswedan akan menemui Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono alias AHY. Kunjungan dijadwalkan berlangsung pada Jumat (7/10).

Kepala Badan Komunikasi Strategis DPP Partai Demokrat, Herzaky Mahendra Putra mengkonfirmasi rencana tersebut. Ia mengatakan kunjungan akan berlangsung pagi.

"Iya, besok (Jumat) pukul 09.00," kata Herzaky ketika dikonfirmasi katadata.co.id, Kamis (6/10).

Pencapresan Anies untuk ikut kontestasi pemilihan presiden 2024 mendatang diumumkan Nasdem pada Senin (3/10) lalu. Untuk bisa menggolkan Anies, Nasdem perlu berkoalisi dengan partai lain. Alasannya saat ini, Nasdem baru mengantongi mengantongi 9,05 persen suara dengan perolehan kursi 10,26 persen.  

Bila merujuk Undang Undang Nomor 17 Tahun 2017 tentang Pemilu capres capres harus diusung partai dengan 25 persen suara sah nasional, atau 20 persen kursi di DPR. Untuk memperkuat posisi Nasdem telah membangun koalisi dengan Demokrat dan Partai Keadialan Sejahtera. Saat ini PKS mengantongi 8,21 persen suara dan Demokrat 7,77 persen suara.

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...