Mengintip Prospek Industri Keramik, Catatkan Investasi Rp 17,7 Triliun

Nadya Zahira
21 Oktober 2022, 08:10
Keramik
ANTARA FOTO/Jessica Helena Wuysang/hp.
Dua pelajar mengamati keramik yang ditampilkan dalam Pameran Temporer Koleksi Keramik Museum Kalbar di Gedung Wawasan Nusantara di Pontianak, Kalimantan Barat, Kamis (14/7/2022).

Sektor industri keramik pada semester I tahun 2022 mencatatkan investasi hingga Rp 17,7 triliun. Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan adanya penambahan investasi diharapkan semakin memperkuat aliran rantai pasok industri keramik nasional. 

“[Peningkatan investasi] juga sejalan dengan program substitusi impor guna mengoptimalkan sumber daya produksi dalam negeri,” ujar Agus pada acara Temu Usaha Industri di Jakarta, Kamis (20/10).

Menurut Agus, pada 2022 kebangkitan industri keramik bisa menjadi momentum baik seiring dengan peningkatan kontribusi subsektor industri bahan galian nonlogam. Pada triwulan 1/2022 industri galian nonlogam tumbuh 1,35% dengan kontribusi 0,47% dibanding periode yang sama  tahun sebelumnya. Capaian tersebut menempatkan industri bahan galian nonlogam sebagai peringkat kedua dalam kontribusi perkembangan investasi di sektor industri kimia, farmasi dan tekstil (IKFT) sebesar 2,69%.

"Capaian utilitas kinerja industri ubin keramik tahun 2021 mencapai 72%, atau tertinggi dalam lima tahun terakhir," ujar Agus. 

Ia menjelaskan salah satu pendongkrak pertumbuhan industri keramik adalah adanya Insentif Harga Gas Bumi Tertentu (HGBT) bagi industri yaitu sebesar US$ 6 per MMBTU. Agus mengklaim kebijakan itu telah meningkatkan efisiensi pada biaya operasional di industri keramik.

Agus mengungkapkan adanya strategi pemulihan ekonomi nasional turut berdampak positif pada kinerja ekspor industri keramik. Pada kuartal I tahun 2022 ekspor produk keramik nasional tumbuh sebesar 12% dengan total volume 3,9 juta meter persegi. Peningkatan ini ditopang peningkatan penjualan ke negara Filipina, Malaysia, dan Thailand.

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...