Ada Pesan Terselubung PDIP di Balik Teguran Lisan untuk Ganjar

Ira Guslina Sufa
24 Oktober 2022, 21:29
PDIP
Katadata/ Wahyu Dwi Jayanto
Sekjen PDI-P, Hasto Kristiyanto saat memberikan keterangan pers usai acara FGD PDI-Perjuangan di Sekolah Partai PDIP di Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Kamis (13/10).

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mendapat teguran lisan dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan usai menyatakan kesiapan menjadi calon presiden saat menjadi pembicara di salah satu stasiun televisi swasta. Teguran itu diterima setelah bertemu dengan Ketua Bidang Kehormatan DPP PDIP Komarudin Watubun. 

Usai menerima langsung teguran lisan dari partai, Ganjar meninggalkan kantor DPP PDIP di kawasan Menteng Jakarta Pusat Senin (24/10) dengan santai. Saat ditanya apakah setelah mendapat teguran Ganjar akan berhenti bicara soal pencapresan, dia hanya menjawab singkat. 

"Soal capres itu urusannya bu Mega ya," ujar Ganjar singkat. 

Saat ini nama Ganjar telah masuk dalam bursa calon presiden setelah ia dideklarasikan oleh Partai Solidaritas Indonesia (PSI) pada Senin (3/10). Deklarasi itu tepat di hari yang sama dengan deklarasi Anies Baswedan sebagai capres dari Partai Nasional Demokrat. 

Menanggapi namanya yang masuk dalam bursa capres dari partai lain, Ganjar tak banyak berkomentar. Begitu pula saat ditanya apakah ia akan maju sebagai capres bila diusung oleh partai lain. 

“Partai biar sama-sama partai suaranya ya,” ujar Ganjar. 

Sebelumnya Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto menegaskan bahwa urusan penetapan calon presiden merupakan kewenangan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. Karena itu, sebelum ada pengumuman dari Mega, maka kader dilarang untuk berbicara mengenai sosok calon presiden dan wakil presiden. 

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...