Daftar Sepeda Brompton yang Dilelang KPK, Harga dan Cara Mengikutinya

Ira Guslina Sufa
28 Oktober 2022, 15:53
lelang sepeda Brompton
ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/rwa.
Petugas membawa sepeda merek Brompton yang diserahkan perantara anggota Komisi II DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus, Agustri Yogasmara di Gedung KPK, Jakarta, Rabu (10/2/2021).

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melelang empat unit sepeda lipat merek Brompton. Lelang akan dilakukan melalui Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Jakarta III.

Pelaksana Tugas (Plt) Juru Bicara KPK, Ipi Maryati Kuding mengatakan sepeda yang dilelang  adalah barang hasil rampasan milik Matheus Joko Santoso terpidana perkara korupsi pengadaan bantuan sosial. Joko merupakan mantan pejabat pembuat komitmen (PPK) pengadaan bansos sembako Covid-19. 

“Lelang dilakukan dengan merujuk putusan pengadilan tipikor yang berkekuatan hukum tetap atas nama terpidana Matheus Joko Santoso," kata Ipi seperti dikutip dari Antara, Jumat (28/10). 

Joko merupakan anak buah mantan Menteri Sosial, Juliari P Batubara. Dalam perkara itu, Joko divonis sembilan tahun penjara dan denda Rp 450 juta subsider enam bulan kurungan.

Berikut daftar paket sepeda brompton yang dilelang KPK 

Paket pertama 

Paket pertama dilelang untuk beberapa item sekaligus. Paket terdiri dari satu sepeda Brompton warna hitam dengan frame number 700554 dan serial number 1906140670, satu telepon genggam merek Apple nama model. Ada juga Iphone 12 Pro Max, dan satu perangkat elektronik jenis telepon genggam warna hitam merek Samsung model SM-A115F/DS (Galaxy A11).

Adapun limit harga untuk paket pertama ini adalah Rp 23,5 juta. Setiap peserta lelang diwajibkan memberikan jaminan sebesar Rp 5 juta.

Merujuk situs Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum (JDIH) Kementerian Keuangan Republik Indonesia, harga limit adalah harga minimal barang lelang yang ditetapkan oleh penjual atau pemilik barang untuk dicapai dalam suatu pelelangan. 

Paket Kedua 

Lelang barang kedua juga dilakukan secara paket. Adapun barang yang termasuk dalam paket kedua terdiri dari satu sepeda Brompton warna merah frame number 748631 serial number 2002140917. Ada juga satu perangkat elektronik jenis telepon genggam warna hitam merek Apple model A2221. 

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...