Jelang KTT G20 Jokowi Dampingi Presiden Emirat Arab ke Solo, Ada Apa?

Ira Guslina Sufa
14 November 2022, 08:47
Jokowi
ANTARA FOTO/Media Center G20 Indonesia/Galih Pradipta/wsj.
Presiden Joko Widodo tiba di Terminal VVIP I Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali, Minggu (13/11/2022).

Presiden Joko Widodo pagi ini Senin (14/11) menyambut langsung Presiden Uni Emirat Arab (UEA) Mohammed Bin Zayed Al-Nahyan (MBZ) di Bandara Internasional Adi Soemarmo, Boyolali, Jawa Tengah. Mohammed Bin Zayed menginjakkan kaki di Jawa Tengah setelah turun dari pesawat kepresidenan UEA. 

Kedatangan Presiden Uni Emirat Arab itu disambut langsung oleh Presiden Jokowi di bawah tangga pesawat. Jokowi yang mengenakan batik coklat dan peci hitam, bersama Mohammed Bin Zayed saling menyapa dengan mencium pipi kanan dan kiri. 

Dalam unggahan youtube sekretariat presiden, Jokowi kemudian memperkenalkan para pejabat yang mendampinginya. Tokoh yang hadir ada Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka dan Menteri BUMN Erick Thohir. Mohammed terlihat berbincang dengan Gibran untuk beberapa saat. 

Kedatangan Presiden UAE itu juga disambut pasukan kehormatan Paspampres dan para petugas yang mengenakan pakaian adat khas berbagai daerah di Tanah Air. Selanjutnya, Presiden Jokowi dan Presiden Mohammed memasuki kendaraan VVIP yang sama dan meninggalkan bandara.

Berdasarkan penjelasan Gibran di akun Twitter @gibran_tweet, kedatangan Mohammed di Jawa Tengah bertujuan meresmikan Masjid Sheikh Al Zayed di Gilingan, Banjarsari, Surakarta. Gibran mengatakan masjid dengan kapasitas 10.000 jamaah tersebut akan menjadi pusat pengajaran islam di Kota Surakarta.

"Masjid Raya Syeikh Zayed akan menjadi simbol persahabatan dua negara muslim terbesar di dunia," kata putra pertama Jokowi itu.

Sebelum berangkat ke Jawa Tengah, kemarin malam Jokowi sudah mendarat di Bali dari lawatan KTT ASEAN di Kamboja. Presiden Jokowi tiba di Bali Minggu malam pukul 20.15 WITA. 

Sesaat setelah tiba, Jokowi sempat memberikan keterangan pers di bandara, terkait hasil kunjungan ke KTT ASEAN dan kesiapan penyelenggaraan KTT G20 di Bali. Kemudian Jokowi menuju kawasan Nusa Dua untuk menerima penghargaan Global Citizen Award dari Atlantic Council, yang diserahkan di sela acara Global Food Security Forum, di Nusa Dua, Bali. 




Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...