Jokowi Resmi Luncurkan Dana Pandemi Rp 21 T dari G20

Image title
Oleh Abdul Azis Said
13 November 2022, 13:38
Jokowi G20
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/tom.
Presiden Joko Widodo menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN - Jepang dalam rangkaian KTT ASEAN 2022 di Hotel Sokha, Phnom Penh, Kamboja, Sabtu (12/11/2022).

Presiden Joko Widodo resmi meluncurkan Dana Pandemi di sela rangkaian KTT G20 di Bali. Dana pandemi merupakan salah satu kesepakatan yang dicapai oleh anggota G20 dalam pembahasan isu arsitektur kesehatan global, khususnya untuk persiapan pandemi di masa mendatang.

"Dengan mengucap bismillah, saya luncurkan Dana Pandemi hari ini," kata Jokowi dalam sambutannya secara daring, Minggu (13/11).

Peluncuran Dana Pandemi merupakan respons dari negara G20 terhadap kondisi sistem kesehatan global yang masih rentan. Menurut Jokowi, negara dunia perlu membangun ekosistem kesehatan yang terintegrasi lintas negara dalam jangka pendek. 

Menurut Jokowi, saat ini dunia juga masih kekurangan dana untuk mengantisipasi jika pandemi terjadi lagi. Perhitungan Bank Dunia dan WHO, butuh pembiayaan sekitar US$ 31,1 miliar setiap tahunnya untuk membangun sistem kesehatan yang tahan terhadap pandemi.

"Untuk itu, G20 sepakat untuk membentuk Dana Pandemi untuk kepentingan pencegahan, kesiapan dan respons terhadap pandemi," kata Jokowi.

Adapun kelembagaan untuk dana pandemi ini sebetulnya sudah dibentuk beberapa bulan lalu di bawah Grup Bank Dunia. Inisiatif pembentukannya sudah dilakukan sejak Presidensi G20 Italia tahun lalu. Namun pembentukan dana pandemi baru teralisasi setelah Presidensi Indonesia melakukan beberapa kajian.

Halaman:
Reporter: Abdul Azis Said
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...