Saat Kepala Negara G20 TIba di Bali, Ada Bendera Hingga Tari Pendet

Ira Guslina Sufa
14 November 2022, 10:04
KTT G20
Flickr/Lukas Wibowo
Gambar Tari Pendet

Sehari menjelang puncak pelaksanaan Konferensi Tingkat Tinggi negara yang tergabung dalam Group of 20 atau KTT G20 sejumlah kepala negara telah hadir di Bali. Kedatangan para Kepala Negara terpantau sejak Minggu (12/11) malam. 

Pesawat Air Force One yang ditumpangi Biden mendarat pada pukul 21.50 WITA. Biden lalu turun dari pesawat dan langsung keluar dari area bandara menumpangi mobil kepresidenan merek Cadillac dengan iringan pengawalan panjang. 

Selain Biden, Presiden Korea Selatan Yoon Suk-yeol beserta istri Kim Kun-Hee juga telah tiba di Bali, Minggu malam sekitar pukul 23.27 WITA. Berdasarkan pantauan dari akun Youtube Kemkominfo TV, saat mendarat pilot pesawat yang membawa Presiden Yoon mengibarkan bendera Korea Selatan dan Indonesia di atas pesawat.

KEDATANGAN PRESIDEN KOREA SELATAN DI BALI
KEDATANGAN PRESIDEN KOREA SELATAN DI BALI (ANTARA FOTO/Media Center G20 Indonesia/Galih Pradipta/nym.)

Layaknya kepala negara dan delegasi negara lain yang hadir, Presiden Yoon disambut pasukan jajar kehormatan. Tarian pendet menjadi salah satu tarian yang disuguhkan untuk menyambut para tamu negara. Para penari yang menyambut kedatangan Kepala Negara G20 merupakan campuran dari sanggar kabupaten Badung, Denpasar, dan kabupaten-kabupaten yang ada di sekitar Airport Ngurah Rai.

Suguhan Tarian Pendet ini sempat mendapat pujian dari Biden. Sembari berjalan kaki, Biden mengungkapkan kekagumannya terhadap tarian Bali yang menyambut kedatangannya. 

“Amazing, splendid wonderful. Thank you,” ujar Biden.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...