Rudal Rusia Jatuh di Polandia, Biden dan Macron Dukung Penyelidikan

Ira Guslina Sufa
16 November 2022, 09:24
Rusia
ANTARA FOTO/Media Center G20 Indonesia/Galih Pradipta/nym.
Presiden Amerika Serikat Joe Biden (kedua kanan) berbincang dengan Presiden Komisi Eropa Ursula von der Leyen (kanan) saat sesi Partnership for Global Insfrastucture and Investment dalam rangkaian KTT G20 di Nusa Dua, Kabupaten Badung, Bali, Selasa (15/11/2022).

Presiden Amerika Serikat Joe Biden menyampaikan belasungkawa atas kabar jatuhnya rudal Rusia di kawasan Polandia bagian Timur. Dalam akun resmi miliknya @Potus Biden mengatakan telah berkomunikasi langsung dengan Presiden Polandia, Andrzej Duda.

“Saya berbicara dengan Presiden Andrzej Duda dari Polandia untuk menyampaikan belasungkawa yang mendalam atas hilangnya nyawa di Polandia Timur dan menawarkan dukungan penuh kami untuk penyelidikan Polandia atas ledakan tersebut,” ujar Biden seperti dikutip Rabu (16/10). 

Cuitan tersebut ditulis Biden saat masih berada di Bali. Saat ini Biden bersama pemimpin negara G20 lainnya tengah berkumpul untuk melaksanakan KTT G20 hari kedua yang berlangsung di kawasan Nusa Dua Bali. 

Masih dalam pernyataan resminya, Biden mengatakan akan tetap berkomunikasi dengan Polandia untuk menentukan langkah selanjutnya sesuai dengan perkembangan terkini. Sebelumnya rudal buatan Rusia dikabarkan jatuh di kawasan Polandia Timur. Rudal itu jatuh di kawasan perkebunan dan menewaskan sedikitnya dua orang.  

Senada dengan Biden, Presiden Prancis Emmanuel Macron yang merupakan sekutu dekat Amerika Serikat juga mengatakan telah berkomunikasi dengan Perdana Menteri Polandia Mateusz Morawiecki. Ia mengungkapkan solidaritas Prancis atas apa yang dialami Polandia. 

“Polandia dapat mengandalkan dukungan Prancis dan kesiapan kami untuk membantu penyelidikan yang sedang berlangsung,” ujar Macron seperti dikutip dari akun twitter resmi miliknya @EmmanuelMacron. 

Dikutip dari AFP, Presiden Polandia, Andrzej Duda mengatakan bahwa pihaknya belum mengantongi bukti kuat mengenai pihak yang menembakkan rudal buatan Rusia ke wilayah mereka pada Selasa (15/11). Sementara Kementerian Luar Negeri Polandia mengkonfirmasi bahwa rudal menghantam wilayah perbatasan dengan Ukraina. Rudal itu jatuh di tengah menghangatnya situasi keamanan Ukraina dan Rusia sejak Februari lalu. 

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...