Surpres Calon Panglima TNI Diserahkan ke DPR Hari Ini

Ade Rosman
28 November 2022, 11:00
Panglima TNI
ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/aww.
Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa (ketiga kiri) didampingi KASAL Laksamana TNI Yudo Margono (kedua kiri) dan KASAU Marsekal TNI Fadjar Prasetyo (kiri) berbincang dengan anggota DPR dalam rapat kerja dengan Komisi I DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (5/9/2022).

Sekretaris Jenderal Dewan Perwakilan Rakyat Indra Iskandar mengatakan pemerintah akan menyerahkan Surat Presiden (Surpres) pada hari ini, Senin (28/11) Surpres akan memuat nama calon Panglima TNI pengganti Jenderal Andika Perkasa yang akan pensiun akhir Desember nanti. 

"Untuk penyampaian Surpres calon Panglima TNI oleh Mensesneg dijadwalkan hari ini jam 16.00 WIB,” ujar Indra kepada Katadata.co.id. 

Menurut Indra, Suppress akan diserahkan oleh Menteri Sekretaris Negara Pratikno kepada Ketua DPR Puan Maharani. Penyerahan dilakukan hari ini karena menyesuaikan dengan jadwal pimpinan DPR. 

Pada pekan lalu, Puan melakukan lawatan untuk memimpin delegasi Indonesia pada sidang parlemen ASEAN di Kamboja. Hal itu membuat rencana penyerahan Surpres yang semula dijadwalkan Rabu pekan lalu ditunda. 

Penyerahan Surpres berisi nama calon Panglima TNI ke DPR selanjutnya akan diikuti dengan proses uji kepatutan dan kelayakan di Komisi Pertahanan. Saat ini nama Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono digadang-gadang sebagai calon kuat Panglima TNI. 

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...