Yudo Margono Beri Puan Brevet Jelang Pergantian Panglima TNI, Ada Apa?

Ira Guslina Sufa
28 November 2022, 14:24
Panglima TNI
Antara Foto
Yudo Margono menyematkan Brevet Hiu Kencana pada Ketua DPR Puan Maharani

Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono menyematkan Brevet Hiu Kencana kepada Ketua DPR RI Puan Maharani. Penyematan dilakukan di KRI Alugoro-405 saat berlayar ke Teluk Jakarta, Senin (28/11). 

Penyematan Brevet dilakukan di tengah menghangatnya isu pergantian calon Panglima TNI yang akan menggantikan Panglima Andika Perkasa. Andika akan menghabiskan masa tugas sebagai perwira aktif TNI pada akhir Desember mendatang. 

Selain kepada Puan, KSAL Yudo juga menyematkan brevet Hiu Kencana pada Kepala Kepolisian RI Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal Dudung Abdurachman, Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal TNI Fadjar Prasetyo. Juga ada penyematan pada Wakasal Laksamana Madya TNI Ahmadi Heri Purwono dan anggota 1 BPK RI Nyoman Adhi Suryadyana,

Menurut Yudo pemberian brevet kepada Ketua DPR RI merupakan bentuk penghormatan sekaligus penghargaan. Dia menjelaskan pemberian berevet dilakukan dengan berbagai pertimbangan. Yudo tak menyinggung keterkaitan pemberian brevet dengan suksesi panglima TNI yang akan bergulir di DPR. 

"Dengan penyematan brevet ini, maka Ibu dan Bapak akan menjadi bagian dari keluarga besar Korps Hiu Kencana kapal selam Indonesia bersama 204 pejabat negara lain yang telah menyandang brevet yang sama Hiu Kencana," ujar Yudo. 

Sesuai rencana, Menteri Sekretaris Negara Pratikno akan menyerahkan Surat Presiden berisi nama calon Panglima TNI kepada DPR sore ini. Surpres akan diberikan langsung kepada ketua DPR Puan Maharani. Penyerahan ini telah dikonformasi oleh Sekretaris Jenderal DPR Indra Iskandar. 

"Untuk penyampaian Surpres calon Panglima TNI oleh Mensesneg dijadwalkan hari ini jam 16.00 WIB,” ujar Indra kepada Katadata.co.id. 

Halaman:
Reporter: Ade Rosman, Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...