Saat Anak SD Tanya Wapres Ma’ruf Amin ‘Nyontek’ Dosa Apa Tidak

Ira Guslina Sufa
9 Desember 2022, 16:10
wapres Ma'ruf Amin
ANTARA FOTO/Didik Suhartono/nym.
Pelajar menunjukkan stiker yang didapatnya saat Road to Hakordia (Hari Antikorupsi Sedunia) di Alun-Alun Surabaya, Jawa Timur, Kamis (1/12/2022).

Hal menarik terjadi saat peringatan Hari Antikorupsi Sedunia (Hakordia) 2022 yang berlangsung Hotel Bidakara Jakarta, Jumat (9/12). Seorang murid SD bernama Abdulloh Syafii menodong Wakil Presiden Ma’ruf Amin dengan pertanyaan soal boleh atau tidak menyontek dilakukan. 

Pertanyaan itu terlontar saat Wapres Ma'ruf selesai menyampaikan sambutan pembukaan di puncak peringatan Hari Antikorupsi. Saat itu sesuai susunan acara, tiga penyuluh antikorupsi cilik maju ke panggung bersama dengan Abang None DKI Jakarta.

"Oh, ujiannya sudah selesai, gimana? Tadi ada yang nyontek gak?" tanya None DKI Jakarta Gisela Thesa.

"Gak ada, emangnya nyontek itu keren?" jawab Abdulloh Syafii, penyuluh antikorupsi cilik yang juga siswa kelas II SDN Pancoran 07 Jakarta.

"Tentu saja tidak. Kalau adik-adik menyontek terus dapat nilai yang bagus, itu sama saja nilainya bukan dari kemampuan kalian sendiri,” Abang DKI Jakarta M. Dzamir Adani.

Adani kemudian menjelaskan bahwa dalam setiap mengikuti ujian para siswa tidak boleh hanya terfokus pada nilai. Siswa juga perlu menegakkan integritas dengan tidak menyontek dan menyelesaikan ujian dengan baik dan benar serta penuh tanggung jawab. Penjelasan Adani memancing Syafii untuk bertanya lagi. 

"Tapi kan semua orang  pernah nyontek," ungkap Syafii lagi.

Mendengar pertanyaan Syafii Gisela kemudian melempar pertanyaan kepada dua siswa lainnya yaitu Nurul Maulani dan Asfa Azita Hasti. Nurul merupakan siswi kelas IV SDN Bukti Duri 05 Jakarta yang jadi penyuluh cilik. Sedangkan Asfa merupakan penyuluh cilik yang juga siswi kelas VI SDN Kalibata 011.

"Kalau Nurul dan Asfa bagaimana? Ada yang nyontek gak?" tanya Gisela.

Pertanyaan Gisela dijawab spontan oleh Nurul dan Asfa. 

"Sepertinya di kelas Nurul ada deh Kak," jawab Nurul. 

"Di kelas aku ada yang ketahuan menyontek sama Pak Pengawas," jawab Asfa menimpali. 

Mendengar jawaban Asfa dan Nurul, Syafii yang sebelumnya menyimak kembali bertanya. 

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...