Ganjar, Anies dan Prabowo Rebutan Suara di Pulau Jawa, Siapa Unggul?

Ade Rosman
15 Desember 2022, 18:01
Ganjar
ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/YU
Direktur Eksekutif Poltracking Indonesia Hanta Yuda (kiri), Guru Besar Psikologi Politik Universitas Indonesia Hamdi Muluk (tengah) dan Pakar Politik Universitas Paramadina Djayadi Hanan menjadi pembicara dalam hasil survei nasional proyeksi kandidat kuat Pilres 2024 di Jakarta, Kamis (9/6/2022).

Lembaga Poltracking Indonesia merilis temuan survei peta elektabilitas calon presiden di lima provinsi di pulau Jawa yang meliputi DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur. Berdasarkan survei yang dilakukan 26 November-2 Desember 2022, nama Ganjar Pranowo, Anies Baswedan serta Prabowo Subianto menjadi calon presiden di urutan tiga teratas. 

Direktur Eksekutif Poltracking Indonesia Hanta Yuda mengatakan hingga pemilu 2024 mendatang, berbagai kemungkinan bisa saja terjadi. Waktu setengah tahun menjelang pemilihan presiden bisa memunculkan berbagai faktor yang bisa mengerek suara capres. 

"Tetapi melihat tendensi politik terbaru, Capres dan Cawapres potensial serta partai politik terkuat pada masing-masing provinsi, akan mengerucut pada beberapa nama figur seperti dalam temuan survei Poltracking," kata Hanta, dalam keterangan resmi, Kamis (15/12).

Menurut Hanta berbagai dinamika, peristiwa, dan momentum politik yang akan terjadi ke depan, tetap berpotensi mengubah peta politik elektoral di masing-masing provinsi di Pulau Jawa. Saat ini berdasarkan temuan survei, di DKI Jakarta Anies Baswedan unggul dari dua calon potensial lainnya. 

Pada simulasi 20 nama calon presiden, Anies memperoleh 47,2% suara, diikuti Ganjar dengan 23,8% suara dan Prabowo dengan 11,9% persen suara. Selain itu, dalam simulasi tiga nama calon presiden, Anies kembali unggul dengan 49.6% suara. Ganjar masih mengikuti dengan 27.5% suara, serta Prabowo Subianto 15.7% suara.

Selanjutnya, untuk wilayah Banten, pada simulasi 20 nama calon presiden, Anies menempati posisi teratas dengan memperoleh 43,9% suara. Di provinsi paling barat Pulau Jawa ini, Prabowo berada di posisi kedua dengan perolehan 27,7%, lalu diikuti Ganjar yang memperoleh 12,9% suara.

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...