Ridwan Kamil - Erick Thohir Rebutan Jadi Cawapres Terkuat Versi Survei

Ade Rosman
22 Desember 2022, 17:58
Cawapres
Dok PAN
Erick Thohir berbincang dengan Ketua Umum Partai Amanat Nasional Zulkifli Hasan dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil atau RK masuk dalam radar calon wakil presiden (cawapres) dengan elektabilitas tertinggi pada pemilihan presiden dan wakil presiden 2024 mendatang. Temuan tersebut didapatkan dari hasil survei nasional dua lembaga survei yang dilakukan secara terpisah oleh Poltracking Indonesia dan Charta Politika Indonesia.

Pada hasil survei yang dirilis Charta Politika Indonesia, elektabilitas RK mendapatkan hasil tertinggi sebesar 21,4%. Suara RK lebih besar dari yang diperoleh Sandiaga Uno yang memperoleh 17,6%, diikuti Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) pada posisi ketiga dengan 10,3% suara.

"Ridwan Kamil di peringkat pertama, mulai menjauhi Sandiaga Uno," kata Direktur Eksekutif Charta Politika Indonesia, Yunarto Wijaya, dalam paparan survei, Kamis (22/12).

Selain tiga nama cawapres teratas didapatkan beberapa nama lainnya dengan elektabilitas di bawah 10%. Nama cawapres potensial itu adalah Erick Thohir (8,4%), Khofifah Indar Parawansa (6,1%), Muhaimin Iskandar (4,4%), Andika Perkasa (4,3%), Puan Maharani (4,2%), Basuki T Purnama atau Ahok (3,3%), Airlangga Hartarto (2,2%), dan Susi Pudjiastuti (1,5%).

Pada hasil survei lainnya yang dirilis oleh Poltracking Indonesia, RK kembali masuk dalam tiga besar cawapres dengan elektabilitas tertinggi. Dalam survei yang digelar pada 21-27 November 2022 Ridwan menempati posisi kedua dengan raihan suara 14,0%.

Sementara pada posisi teratas ada nama Erick Thohir dengan 15,1%. Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti berada di posisi ketiga dengan perolehan 11,7% suara.

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...