Adu Kuat Anies - Ganjar - Prabowo Versi 3 Lembaga Survei, Siapa Juara?

Ade Rosman
22 Desember 2022, 16:19
Ganjar, Anies, prabowo tiga capres terkuat 2024
Katadata
tiga capres terkuat 2024

Tiga lembaga survei hari ini, Kamis (22/12) merilis hasil survei elektabilitas calon presiden dan wakil presiden terkuat pada Pemilu 2024 mendatang. Tiga lembaga itu adalah Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC), Poltracking Indonesia dan Charta Politika. 

Berdasarkan survei yang dirilis ketiga lembaga, nama mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto masih bertengger di tiga posisi teratas. Sedangkan nama lain seperti Airlangga Hartarto, Puan Maharani, Ridwan Kamil, Erick Thohir hanya meraih suara di bawah 5 persen. 

Direktur Eksekutif Poltracking Indonesia, Hanta Yuda, mengatakan persaingan elektoral pada tiga capres teratas masih dinilai masih mungkin berubah sesuai dengan perkembangan dinamika politik yang terjadi jelang pemilihan umum. Apalagi baru Anies dan Prabowo yang sudah mendeklarasikan diri sebagai calon presiden. Meski begitu kans Anies dan Prabowo mengikuti Pilpres belum pasti karena belum memenuhi ambang batas presiden atau presidential threshold. 

Hingga saat ini Anies baru secara resmi didukung oleh Partai Nasdem, dan Prabowo secara resmi baru didukung Partai Gerindra. Suara kedua partai pada pemilu 2019 masing-masing belum memenuhi 25 persen suara sah atau 20 persen kursi di DPR seperti yang disyaratkan Undang-Undang. Sedangkan Ganjar belum didukung oleh salah satu partai parlemen. 

“Tren terbaru elektabilitas 3 capres terkuat mengalami kenaikan. Anies Baswedan mengalami kenaikan cukup signifikan, sedangkan Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto cenderung stabil dengan kenaikan tipis,” ujar Hanta saat rilis hasil Survei, Kamis (22/12). 

Survei Poltracking

Dalam hasil survei yang dirilis Poltracking Indonesia, pada simulasi lima nama yang disodorkan pada responden, Ganjar memperoleh hasil teratas dengan 30,6%. Sementara Anies mengikuti di posisi kedua dengan perolehan 27,2%, diikuti Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto 26,9%.

Sedangkan, dua nama lain yang disodorkan pada responden mendapat persentase yang cukup jauh selisihnya. Adapun ketiga nama adalah ketua DPR RI Puan Maharani (3,4%), dan ketua umum partai Golkar Airlangga Hartarto (1,5%).

Selain itu, masih dari hasil survei yang sama, pada simulasi tiga calon presiden, Ganjar kembali unggul dengan perolehan 32,5%, diikuti Anies 29,1% dan Prabowo 27,8%.

Hanta mengatakan, dalam sebaran data pemilih partai politik (parpol) sebanyak 74,5% pemilih PDIP (23,2%) menyatakan pilihan pada Ganjar. Untuk Partai Gerindra (11.1%) sebanyak 80,7% menyatakan dukungan untuk Prabowo. Pemilih Partai Golkar (9.3%) pilihan capresnya cenderung kuat kepada Prabowo (44.5%). Sedangkan Partai NasDem (6.9%) pilihan capresnya cenderung kuat kepada Anies (85.0%).

Adapun, pemilih Partai Demokrat (6.7%) cenderung kuat kepada Anies (62.0%) dan pemilih PKS (5.3%) cenderung kuat kepada kepada Anies (76.7%).  Partai PKB (5,6%) yang cenderung memiliki hubungan baik dengan Prabowo justru menunjukkan kecenderungan pemilih yang lebih condong ke Ganjar dengan keterpilihan 56,1%. 

Untuk PAN (4.1%) pemilih cenderung kuat kepada Anies (60.4%), serta pemilih partai Perindo (2.8%) cenderung terbelah antara Ganjar (36.4%) dan Prabowo Subianto (36.4%). Sementara pemilih PPP (2.0%) pilihan capresnya cenderung kuat kepada Anies (37.5%).

Sedangkan, survei yang dirilis Poltracking Indonesia dilakukan pada 21-27 November 2022, dengan menggunakan metode stratified multistage random sampling. Jumlah sampel dalam survei tersebut 1220 responden, dengan margin of error +/- 2.9%, pada tingkat kepercayaan 95%. 

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...