Deretan Tempat Ibadah yang Dibiayai APBN dan APBD

Ira Guslina Sufa
5 Januari 2023, 15:47
APBD
ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi
Warga beraktivitas di sekitaran proyek Masjid Al Jabbar di Gedebage, Bandung, Jawa Barat, Rabu (9/10/2019).

Pembangunan Masjid Al Jabbar di Bandung Jawa Barat ramai jadi sorotan setelah Ridwan Kamil berbalas pesan dengan warganet lewat media sosial. Gubernur Jawa Barat itu bahkan mengunggah kritik warganet lewat akun twitter @Outstandjing soal pembangunan ikon baru di Bandung itu ke akun media sosial instagram miliknya. 

Dalam penjelasannya, Ridwan Kamil menyebut duduk perkara dana pembangunan masjid yang telah dimulai sejak 2017 itu. Ridwan menjelaskan, penggunaan dana Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) untuk pembangunan masjid telah melalui proses penganggaran di Dewan perwakilan Rakyat Daerah. 

Ridwan Kamil mengatakan, penggunaan uang negara dalam pembangunan masjid merupakan kesepakatan bersama melalui forum Musrenbang. Ia  pun menegaskan, pembangunan rumah ibadah dapat menggunakan uang negara selama sudah disepakati eksekutif dan legislatif. Menurut RK, daerah lain dengan mayoritas agama tertentu juga menggunakan APBD sebagai sumber pembangunan rumah ibadah.

 "Kewajiban Anda adalah membayar pajak, namun hukum positif mengatakan penggunaannya adalah wilayah kewenangan penyelenggara negara," kata RK dalam akun Instagramnya, dikutip Kamis (5/1).

Pengamat Kebijakan Publik Universitas Trisakti Trubus Rahadiansyah menilai, tidak ada ketentuan yang melarang pembangunan masjid memakai dana pemda. Namun, ia menilai peruntukan anggaran juga seharusnya untuk program atau pembangunan-pembanguan yang sifatnya majemuk.

Meski demikian, menurutnya, bukan berarti APBD tidak hadir sama sekali untuk pembangunan rumah ibadah. Uang negara dapat digunakan, tetapi  hanya sebagai pemantik agar pembiayaan dari luar pemerintah mau masuk. Trubus menilai anggota DPRD Jawa Barat perlu ikut bertanggung jawab bersama Ridwan Kamil untuk menjelaskan sumber-sumber anggaran pada proyek tersebut secara terbuka kepada publik.

Sebagai gambaran, berikut beberapa tempat ibadah yang pembangunannya menggunakan uang negara melalui APBD dan APBN. 

Masjid Al Jabbar, Bandung, Jawa Barat

Pembangunan Masjid Al Jabbar merupakan proyek multiyears atau tahun jamak. Proyek ini dimulai pada 2017, sebelum RK masih menjadi walikota Bandung dan Jawa Barat dipimpin oleh Ahmad Heryawan.  

Berdasarkan penelusuran Katadata.co.id pemerintah Jawa Barat beberapa kali menggelar lelang pengerjaan proyek Masjid Al Jabbar.  Salah satu yang terbesar, yakni pada 2021, berupa pekerjaan tahun jamak pembangunan Masjid Raya Provinsi Jabar tahap ke-4 dengan pagu paket Rp 507 miliar. 

Pengerjaan proyek tersebut menggunakan APBD tahun 2020 dan 2021. Selain itu, beberapa di antaranya yakni lelang pengerjaan tahap ketiga dilakukan pada 2020 dengan pagu Rp 35 miliar dan sumber dana APBD 2020. Kemudian lelang juga diadakan untuk membangun jalan akses masuk masjid dengan nilai Rp 6 miliar menggunakan APBD 2018. 

Halaman:
Reporter: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...