Surya Paloh Perintahkan Fraksi Nasdem di DPR Dukung Kebijakan Jokowi

Ira Guslina Sufa
17 Januari 2023, 15:58
Surya Paloh
ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/YU
Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh menyampaikan pidato politiknya dalam Perayaan HUT ke-11 Partai NasDem di Jakarta, Jumat (11/11/2022). HUT ke-11 mengangkat tema "It's Time! Restorasi Indonesia" dan menggelar NasDem UMKM Trade Show.

Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Partai Nasional Demokrat (Nasdem) Surya Paloh menyatakan sikap tegas mendukung pemerintahan Jokowi-Ma’ruf Amin hingga berakhirnya masa jabatan pada 2024 mendatang. Nasdem merupakan salah satu partai pengusung Presiden Joko Widodo pada pemilihan presiden 2019. 

Ketua Bidang Media dan Komunikasi DPP Partai NasDem Charles Meikyansah menjelaskan, bentuk dukungan dari Nasdem juga akan ditunjukkan pada sikap fraksi di Dewan Perwakilan Rakyat. Surya Paloh telah memerintahkan seluruh anggota Fraksi NasDem DPR RI mendukung kebijakan Jokowi melalui pendekatan legislatif di DPR.

"Pak Surya tegaskan dukungan penuh terhadap Pemerintahan Jokowi dan Ma'ruf Amin hingga selesai dan memerintahkan seluruh anggota Fraksi Nasdem DPR RI melakukan hal serupa di komisi maupun AKD (alat kelengkapan dewan) lainnya," ujar Charles seperti dikutip dari Antara, Selasa (17/1).

Menurut Charles, Paloh telah menyampaikan sikap Nasdem kepada anggota fraksi dalam pertemuan yang berlangsung di kantor DPP Nasdem pada Senin (16/1). Meski begitu, Charles tidak memerinci dengan spesifik dukungan seperti apa yang akan dilakukan fraksi Nasdem. Adapun DPR saat ini tengah membahas sejumlah beleid  seperti Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang atau Perppu Cipta Kerja, dan Rancangan Undang-undang Omnibus Law Kesehatan.

Selain membahas mengenai dukungan terhadap Pemerintahan Jokowi-Ma'ruf Amin, dalam pertemuan tahunan yang rutin diselenggarakan, Surya berpesan agar Fraksi Nasdem memperjuangkan Pemilu 2024 tetap menggunakan sistem proporsional terbuka. Menurutnya, sistem proporsional terbuka lebih demokratis dan berkeadilan bagi rakyat.

"Pak Surya tetap memberi dukungan penuh terhadap sistem proporsional terbuka dan menolak sistem proporsional tertutup," ujar Charles.

 Charles mengatakan pertemuan tahunan Nasdem membahas sejumlah isu aktual. Menurut dia, berbagai dinamika politik dan kebangsaan membutuhkan komunikasi yang baik antara DPP dan Fraksi NasDem agar mereka dapat seirama dalam mengambil kebijakan.

"Fraksi merupakan perpanjangan tangan partai karenanya harus satu komando," kata Charles lagi. 

Adapun pengurus dan anggota fraksi Nasdem di DPR  yang hadir dalam pertemuan kemarin di antaranya Wakil Ketua Umum Nasdem Ahmad Ali, Ketua Fraksi Nasdem Robert Rouw, dan Sekretaris Fraksi Nasdem Saan Mustopa. Beberapa elite partai yang hadir di antaranya Lestari Moerdijat serta Rachmat Gobel.

Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...