Megawati Ingin Publik Pilih Pemimpin Baik Seperti Presiden Jokowi

Ira Guslina Sufa
20 Maret 2023, 08:39
Presiden kelima RI Megawati Soekarnoputri
ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto/rwa.
Presiden kelima RI Megawati Soekarnoputri menyampaikan kata sambutan saat meninjau progres pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Sanur di Bali, Senin (16/1/2023).

Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Megawati Soekarnoputri meminta publik untuk selektif dalam menentukan calon pemimpin. Presiden Indonesia ke-5 itu mengatakan salah satu kriteria yang harus dipenuhi calon pemimpin adalah bisa menjadi orang baik. 

"Pilih orang yang baik, seperti Pak Jokowi. Itu kan saya pilih karena saya yakin beliau orang baik,” ujar Megawati saat memberikan arahan dalam Peringatan Sembilan Tahun Undang-undang Desa di Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Minggu (20/3). 

Advertisement

Menurut Megawati masyarakat perlu memiliki pendirian yang teguh dalam menentukan pemimpin termasuk calon presiden. Dia menyebut saat ini situasi politik di Tanah Air diibaratkan seperti orang yang sedang berdansa sehingga tak banyak yang punya keteguhan. 

Megawati memberi tips, untuk bisa memiliki keteguhan hati dalam memilih, masyarakat tidak perlu ikut terbawa arus politik yang sering berubah. Lebih lanjut, ia menyampaikan pengalamannya saat memutuskan agar PDI Perjuangan mengusung Joko Widodo sebagai calon presiden pada Pemilu 2014.

Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) itu menyebutkan saat memilih Jokowi ia menyadari bahwa keputusan tersebut menuai pro dan kontra dari sejumlah pihak. Bahkan dia menyebut ada pihak tertentu yang tidak senang jika dia mendukung Jokowi.

"Sebagai warga negara Indonesia yang berdaulat dan merdeka dan mempunyai asas ideologi Pancasila sebagai anak-anak bangsa, harusnya punya pendirian. Sebagai bangsa, saya juga tidak mau dipecah-pecah," ucap Megawati.

Kini Presiden Jokowi sudah mendekati masa akhir kepemimpinan. Ia tidak bisa lagi dipilih lantaran sudah dua periode menjadi presiden. Di sisi lain, Megawati belum mengumumkan calon presiden yang akan diusung pada pemilihan presiden 2024 mendatang. 

Meski belum memiliki sosok capres secara resmi, namun Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto dalam beberapa kesempatan mengatakan PDIP akan mengusung calon dari internal partai untuk menjadi capres. Dia menyebut nama calon presiden yang diusung PDIP sudah di tangan Megawati dan tinggal menunggu momen untuk diumumkan. 

Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement