Kunjungi Batam, Mahfud Bakal Bongkar Tindak Pidana Perdagangan Orang

Andi M. Arief
3 April 2023, 19:09
Mahfud
ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga/aww.
Menko Polhukam Mahfud MD memberikan paparan pada sarasehan di Jakarta, Selasa (21/3/2023).

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD berencana mengunjungi Batam pada Kamis besok (6/4). Tujuan kunjungan Mahfud ke Batam adalah mengusut kasus dugaan Tindak Pidana Perdagangan Orang.

Menurut Mahfud lokasi yang akan dikunjungi adalah beberapa pusat pembagian paspor gratis. Para korban menerima paspor dengan iming-iming mendapatkan pekerjaan di luar negeri.

"Kenyataannya kerja di kapal-kapal, kerja di luar negeri enggak digaji. Kalau meninggal, dibuang di laut, enggak digaji dan disiksa," kata Mahfud dalam saluran resmi Masjid Kampus UGM yang dikutip Senin (3/4).

Berdasarkan Databoks, jumlah korban perdagangan manusia secara global mencapai 90.354 orang pada 2021. Angka tersebut susut 17,27 persen dibandingkan realisasi 2020 sebanyak 109.216 orang.

Bila merunut dari wilayah, korban perdagangan manusia terbanyak pada 2021 berasal dari wilayah Asia Selatan dan Tengah. Jumlah korban perdagangan di dua wilayah ini mencapai 38.426 orang. Kemudian dari wilayah Amerika dan negara-negara Barat sebanyak 12.343 orang, serta wilayah Afrika 11.450 orang.

Jumlah korban perdagangan manusia terus berkurang dalam tiga tahun terakhir. Namun, jika dilihat trennya, jumlahnya cenderung meningkat selama satu dekade belakangan.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...