PDIP Siap Gabung Koalisi Besar, Megawati Bersedia Jadi Tuan Rumah

Ade Rosman
4 April 2023, 14:59
PDIP gabung koalisi besar
ANTARA FOTO/Nova Wahyudi
Ketua Bidang Politik dan Keamanan PDI Perjuangan Puan Maharani (kanan) berbincang dengan Ketua Bidang Pemenangan Pemilu Bambang Wuryanto (kiri) saat Rapat Konsolidasi Pemenangan Pemilu DPD PDI Perjuangan Provinsi Sumatera Selatan di Palembang, Jumat (3/3/2023).

Ketua Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Puan Maharani menyatakan setuju dengan wacana koalisi besar partai politik yang belakangan ramai diperbincangkan. Menurut Puan selama ada kesamaan di antara pihak-pihak terkait, PIDP bisa saja bergabung, 

"Koalisi itu sebenarnya bisa dilakukan jika kemudian visi dan misi atau cita-cita dari semuanya bersepakat untuk sama-sama melakukannya," kata Puan kepada wartawan usai Rapat Paripurna DPR, Selasa (4/3).

Sebelumnya, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto mengaku menemukan kesamaan pemikiran dengan empat ketua umum partai politik mengenai pemilihan presiden 2024 mendatang.

Hal itu disampaikan Prabowo usai lima ketua umum partai pendukung pemerintah bertemu dengan Presiden Joko Widodo di Kantor DPP Partai Amanat Nasional, Minggu (2/4).

"Ternyata ada (kesamaan), kami merasakan ada frekuensi yang sama, ada kecocokan dan kalau dilihat dari pimpinan partai, kami sudah masuk dengan Cak Imin kami masuk timnya Pak Jokowi semua sekarang," kata Prabowo Subianto usai pertemuan. 

Jokowi yang dalam pertemuan tersebut menyambut baik wacana koalisi besar tersebut. Meski begitu, ia menyatakan tidak ikut campur dalam wacana tersebut.

"Saya hanya bilang cocok. Terserah kepada ketua-ketua partai atau gabungan ketua partai. Untuk kebaikan negara untuk kebaikan bangsa untuk rakyat, hal yang berkaitan bisa dimusyawarahkan itu akan lebih baik," kata Jokowi.

Puan mengatakan, dirinya telah menyaksikan pernyataan Jokowi tersebut. Menurutnya, PDIP pun setuju dengan pernyataan Jokowi.

"Saya nonton di TV pernyataan dari presiden, jadi, yang terbaik untuk bangsa dan negara yang terbaik untuk rakyat , tentu PDIP pasti akan mendukung hal tersebut," kata Puan.

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...