PDIP Sambut Munculnya Nama-nama Kandidat Cawapres Pendamping Ganjar

Ade Rosman
27 April 2023, 17:21
PDIP Usung Ganjar
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/NZ
Ketua DPP PDIP Ahmad Basarah (tengah) bersama Sekjen Hasto Kristiyanto (kiri) dan politisi PDIP Adian Napitupulu (kanan) menyampaikan keterangan kepada wartawan di Kantor DPP PDIP, Cikini, Jakarta, Kamis (27/4/2023).

Sekretaris Jenderal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan atau PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan partainya menyambut positif munculnya nama-nama cawapres yang dijagokan untuk mendampingi Ganjar Pranowo. PDIP sebelumnya telah meresmikan Ganjar sebagai calon presiden pada pemilihan presiden 2024 mendatang. 

Menurut Hasto munculnya sejumlah nama sebagai cawapres pendamping Ganjar merupakan hal positif. Hal itu menunjukkan adanya dinamika dalam masyarakat sebagai bentuk demokrasi langsung. 

“Rakyat harus dibiasakan juga dengan diskursus yang positif tentang nama nama calon yang masuk,” kata Hasto dalam konferensi pers di kantor DPP PDIP, Jakarta Pusat, Kamis (27/4).

Sejumlah nama saat ini mengemuka menjadi kandidat kuat pendamping Ganjar. Presiden Joko Widodo pun menyebutkan ada tujuh kandidat potensial. Mereka adalah Prabowo Subianto. Erick Thohir, Sandiaga Uno, Ridwan Kamil, Muhaimin Iskandar, Mahfud MD dan Airlangga Hartarto. 

Hasto mengatakan PDIP belum bisa mengerucutkan siapa di antara nama-nama tersebut yang akan berpotensi dipasangkan dengan bakal calon presiden yang diusung. PDIP butuh beberapa langkah lanjutan untuk menentukan pilihan. 

Lebih jauh, Hasto mengungkapkan telah menerima penugasan dari Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri untuk melakukan analisis terkait nama-nama yang muncul tersebut. Beberapa hal yang dilihat adalah aspek historis, komitmen dan visi kebangsaan. 

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...