Menlu Retno Undang Myanmar Hadiri KTT ASEAN, Upayakan Akhiri Konflik

Andi M. Arief
27 April 2023, 19:53
Menlu Retno
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/tom.
Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi memberikan keterangan pers usai mengikuti rapat terbatas (ratas) yang dipimpin Presiden Joko Widodo di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (27/4/2023).

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi telah melayangkan undangan kepada pemerintah Myanmar untuk menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi ASEAN ke-42. Secara rinci, Menlu Retno mengundang perwakilan Myanmar yang bukan berasal dari kalangan politik.

Menurut Retno pertemuan KTT ASEAN ke-42 dibagi menjadi dua bentuk. Pertemuan berbentuk pleno dan retret. Retno menyampaikan pembahasan terkait isu di Myanmar akan dibahas dalam pertemuan retret.

"Retret itu akan dibahas implementasi five point consensus," kata Retno di Kantor Presiden, Kamis (27/4).

Five point consensus atau 5-PC adalah mekanisme utama ASEAN dalam membantu krisis politik di Myanmar. Kelima kesepakatan yang dimaksud adalah segera menghentikan kekerasan, membuka dialog dengan semua pemangku kepentingan, dan menunjuk utusan khusus. 

Kesepakatan ASEAN juga mengizinkan bantuan kemanusiaan dan mengizinkan kunjungan utusan khusus ASEAN ke Myanmar untuk bertemu dengan semua pihak. Retno menilai poin kelima atau engagement menjadi point penting dalam 5-PC. 

Retno mengatakan telah membuka engagement seluas mungkin, termasuk dengan pihak junta Myanmar. Menurut Retno berbagai upaya akan diusahakan untuk menghentikan konflik. 

"Situasinya memang sangat tidak mudah. Kami akan coba terus. Masalah Myanmar ini akan dibahas," kata Retno.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief

Untuk kelima kalinya, Indonesia didapuk menjadi Keketuaan ASEAN. Situasi dunia tahun ini yang belum kondusif tentu menjadi tantangan tersendiri dalam mengemban amanah tersebut. Persaingan kekuatan besar dunia yang meruncing mesti dikelola dengan baik agar konflik terbuka dan perang baru tidak muncul, terutama di Asia Tenggara.

Keketuaan Indonesia juga diharapkan menjadi pintu bagi ASEAN untuk berperan aktif dalam perdamaian dan kemakmuran di kawasan melalui masyarakat ekonomi ASEAN. Untuk itu, Indonesia hendak memperkuat pemulihan ekonomi dan menjadikan Asia Tenggara sebagai mesin pertumbuhan dunia yang berkelanjutan.

Simak selengkapnya di https://katadata.co.id/asean-summit-2023 untuk mengetahui setiap perkembangan dan berbagai infomasi lebih lengkap mengenai KTT Asean 2023.

#KatadataAseanSummit2023 #KalauBicaraPakaiData

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...