PDIP Perintahkan Ganjar Gelar Safari Politik pada Sabtu dan Minggu

Ade Rosman
27 April 2023, 18:38
Ganjar PDIP
ANTARA FOTO/Monang/mrh/YU
Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri (kiri) bersiap menyematkan peci kepada calon Presiden 2024 yang diajukan PDI Perjuangan Ganjar Pranowo (kanan) di Istana Batu Tulis, Bogor, Jawa Barat, Jumat (21/4/2023).

Sekretaris Jenderal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto memerintahkan Ganjar Pranowo melakukan safari politik selama dua hari dalam sepekan. Calon presiden yang telah diusung PDIP itu hanya boleh bersafari politik pada Sabtu dan Minggu. 

“Pak Ganjar ini masih menjabat sebagai Gubernur Jawa Tengah, sehingga beliau membuat banyak legacy di Jawa Tengah,” kata Hasto dalam konferensi pers di kantor DPP PDIP, Jakarta Pusat, Kamis (27/4).

Hasto mengatakan bentuk safari politik yang dilakukan Ganjar yaitu berkomunikasi dengan masyarakat. Pada hari kerja di luar Sabtu dan Minggu Ganjar diharapkan tetap bisa fokus memimpin Jawa Tengah. Sedangkan untuk komunikasi dengan partai politik lainnya akan dilakukan oleh PDIP selaku partai pengusung.

“Partailah yang kemudian membangun komunikasi dengan partai, pak Ganjar komunikasi langsung dengan rakyat sehingga rakyat dilibatkan dalam seluruh tahapan pemilu ini,” kata Hasto. 

Penetapan Ganjar secara resmi sebagai calon presiden oleh PDIP mendapat sambutan dari partai lain. Beberapa partai politik lainnya mulai menyampaikan dukungan atas keputusan partai pimpinan Megawati Soekarnoputri. 

Dukungan pertama datang dari Partai Hanura.  Partai Solidaritas Indonesia telah lebih dahulu mendeklarasikan dukungan untuk Ganjar. 

Yang terbaru, Partai Persatuan Pembangunan turut mendeklarasikan Ganjar sebagai calon presiden pada Rabu (26/4) lalu. Hasto mengatakan, usai pernyataan dukungan tersebut, PDIP akan menjamu PPP di markas Mega dan jajarannya dalam waktu dekat.

“Dalam beberapa hari ke depan itu PPP akan kami terima, diterima oleh Bu Mega,” kata Hasto.

Selain itu, Hasto juga mengungkapkan sudah ada partai lain yang mengkonfirmasi akan mendeklarasikan Ganjar. Menurut Hasto partai tersebut akan melakukan deklarasi sebelum 14 Mei 2023. Namun dia belum mengungkap partai apa yang akan menyatakan dukungan. 

Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...