Anies Harap Pilpres Berjalan Adil Meski Jokowi Sebut Bakal ‘Cawe-cawe’

Ade Rosman
30 Mei 2023, 18:17
Anies
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/YU
Relawan pendukung bakal calon presiden Anies Baswedan membawa poster saat Temu Kebangsaan Relawan Anies di Tenis Indoor Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Minggu (21/5/2023).

Bakal calon presiden yang diusung Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) Anies Baswedan menanggapi pernyataan Presiden Joko Widodo yang menyatakan bakal ‘cawe-cawe’ jelang pelaksanaan pemilihan presiden atau Pilpres 2024. Menurut Anies, sejak pernyataan itu tersiar ke publik, ia mendapat banyak pesan. 

"Semenjak malam hingga tadi siang, kami banyak sekali menerima ungkapan, aspirasi, kekhawatiran," kata Anies di Kawasan Jakarta Selatan, Selasa (30/5).

Pernyataan untuk tak bisa tidak ‘cawe-cawe’ dalam menghadapi pilpres disampaikan Jokowi dalam pertemuan dengan sejumlah pemimpin redaksi dan pegiat sosial media di istana negara, Senin (29/5) malam. Dalam acara tersebut Jokowi mengatakan perlu memastikan calon penerusnya nanti bisa melanjutkan seluruh kebijakan yang telah ia buat selama menjadi presiden. 

Menurut Anies, mayoritas pesan yang ia terima menyatakan kekhawatiran akan adanya penjegalan dirinya untuk ikut dalam kontestasi pilpres. Para pendukung menurut Anies juga khawatir akan adanya upaya kriminalisasi dan ketidaknetralan Presiden dalam penyelenggaraan Pemilu 2024. 

Anies berharap apa yang ditakutkan oleh para pendukung hanya terdorong rasa khawatir. Ia meminta penyelenggara dan penegak hukum tetap profesional dalam menjalankan tugas. 

"Kami berharap kekhawatiran yang diungkapkan itu tidak benar, itu adalah kekhawatiran saja dan dalam kenyataannya kami berharap Pemilu tetap seperti semula, Pilpres tetap seperti semula," kata Anies.

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...