Rencana Usung Gibran Disebut Kandas, Erick Thohir Calon Kuat Cawapres

Ira Guslina Sufa
Oleh Ira Guslina Sufa - Yura Syahrul
19 Oktober 2023, 07:52
Gibran
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/Spt.
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto disaksikan Menteri BUMN Erick Thohir menyampaikan kata sambutan pada perayaan HUT ke-25 PAN di Jakarta, Senin (28/8/2023).

Koalisi Indonesia Maju pendukung Prabowo Subianto sebagai bakal calon presiden belum juga memutuskan nama bakal calon wakil presidennya. Kabar terakhir, rencana mengusung Gibran Rakabuming Raka terancam kandas. Alhasil Menteri BUMN Erick Thohir menjadi kandidat tunggal bakal cawapres Prabowo.

Sumber Katadata.co.id yang mengetahui proses tersebut mengabarkan kans Gibran menjadi cawapres hampir tertutup karena PDI Perjuangan mempertahankannya dan mendorong putra sulung Presiden Joko Widodo itu di Tim Pemenangan Nasional pasangan capres cawapres Ganjar Pranowo - Mahfud MD. Selain itu, faktor resistensi publik terhadap isu politik dinasti jika Gibran menjadi cawapres.

"Batalnya Gibran ini juga akan memberikan gain kepada Presiden Jokowi sehingga tingkat popularitasnya kembali naik tinggi," kata sumber tersebut, Kamis (19/10).

Kepastian nasib Gibran akan semakin terang saat Walikita Solo tersebut rencananya akan bertemu dengan elite PDIP pada Kamis ini. Gibran akan diminta untuk bergabung dalam TPN Ganjar - Mahfud.

Alhasil, saat ini Erick Thohir menjadi kandidat tunggal cawapres Prabowo. "Erick Thohir yang akan jadi cawapres," kata sumber tersebut.

Nama Gibran sebelumnya menguat di Koalisi Indonesia Maju untuk menjadi cawapres pendamping Prabowo. Sebelum Mahkamah Konstitusi memutuskan syarat capres dan cawapres adalah berusia 40 tahun atau pernah/sedang menjabat kepala daerah, koalisi sudah bersepakat dengan nama Gibran.

Sekretaris Jenderal Partai Bulan Bintang Afriansyah Noor mengatakan kesepakatan itu terganjal dengan keputusan  Jokowi. “Itu tergantung, Jokowi merestui atau tidak,” ujarnya. 

Sumber Katadata.co.id lainnya mengatakan nama Gibran mulai mencuat untuk menjadi pendamping Prabowo sekitar Februari 2023 lalu. Saat itu Prabowo langsung yang meminta pada Jokowi untuk memberi restu pada Gibran. Namun keinginan itu terkendala aturan usia di Undang-Undang Pemilu sehingga dilakukan uji materi ke Mahkamah Konstitusi hingga akhirnya dikabulkan MK.

Adapun Gibran sendiri saat ini masih tercatat sebagai kader Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan. Hingga berita ini diturunkan Gibran masih dalam posisi belum berminat menjadi cawapres Prabowo. “Nggak ada planning. Saya santai, ngalir," kata Gibran di Solo, Rabu (19/10).

Kans Erick Thohir Menguat

Di tengah belum adanya kepastian soal Gibran, nama Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir kembali menguat. Sumber Katadata.co.id di internal partai koalisi pendukung Prabowo mengatakan dukungan untuk Erick menguat dibanding calon lain. 

Selain Gibran nama lain yang sebelumnya sudah dibahas ketua umum koalisi adalah Erick, Gubernur Jawa Tengah Khofifah Indar Parawansa dan Ketua Umum Partai Bulan Bintang Yusril Ihza Mahendra. Keempat nama itu telah dibahas dalam rapat ketua umum koalisi. 

Halaman:
Reporter: Yura Syahrul
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...