Anies - Muhaimin dan Ganjar - Mahfud Daftar Pilpres ke KPU Hari Ini

Ira Guslina Sufa
19 Oktober 2023, 05:33
Anies - Muhaimin, Ganjar - Mahfud daftar ke KPU
ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko/agr/nym.
Peserta mengikuti Kirab Pemilu Tahun 2024 bertajuk Pemilu Sebagai Sarana Integrasi Bangsa di Malioboro, Yogyakarta, Rabu (18/10/2023).

Komisi Pemilihan Umum mulai membuka pendaftaran calon presiden dan calon wakil presiden untuk menjadi peserta pemilu 2024. Pendaftaran akan berlangsung di kantor KPU mulai hari ini, Kamis (19/10) sampai Rabu (25/10) mendatang. 

Di hari pertama pendaftaran, dua pasangan calon presiden dan wakil presiden bersiap melakukan pendaftaran. Mereka adalah Anies Baswedan - Muhaimin Iskandar atau AMIN dan Ganjar Pranowo - Mahfud MD. 

Pasangan Anies - Muhaimin mengantongi dukungan dari Koalisi Perubahan dan Persatuan yang terdiri dari Partai Nasional Demokrat, Partai Keadilan Sejahtera dan Partai Kebangkitan Bangsa. Adapun Ganjar - Mahfud diusung oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan yang didukung Partai Persatuan Pembangun, Perindo, dan Hanura. 

Anies Awali Pendaftaran dengan Arak-arakan

Pasangan pertama yang hari ini akan melakukan pendaftaran adalah Anies - Muhaimin. Keduanya dijadwalkan menyerahkan berkas pendaftaran ke KPU sekitar pukul 08.15 WIB. Namun prosesi untuk pendaftaran sudah dimulai sejak subuh. 

Berdasarkan agenda yang dirilis Anies dan Muhaimin akan berangkat dari rumah masing-masing untuk berkumpul di Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PKS sekitar pukul 06.00 WIB. Setelah itu dilakukan mobilisasi iring-iringan dalam satu kendaraan menuju kantor DPP PKB dan berlanjut ke DPP Nasdem. 

“Dari Nasdem rutenya ke arah Taman Suropati  terus ke KPU. Dari Nasdem paslon akan menggunakan mobil atap terbuka,” tulis tim dalam keterangan resmi. 

Halaman:
Reporter: Nur Hana Putri Nabila, Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...