Jokowi Minta Jembatan Sei Alalak di Kalimantan Selatan Segera Dibuka

Lavinda
Oleh Lavinda
26 September 2021, 13:04
Jokowi, Jembatan, Sei Alalak
ANTARA FOTO/Biro Pers dan Media Setpres/Handout/wsj.
Presiden Joko Widodo memberikan pernyataan pers tentang perkembangan terkini pelaksanaan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (30/8/2021). Presiden Joko Widodo memutuskan tetap memperpanjang kebijakan PPKM hingga 6 September 2021 meskipun perkembangan kasus COVID-19 semakin menunjukan tren penurunan. ANTARA FOTO/Biro Pers dan Media Setpres/Handout/wsj.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta agar Jembatan Sei Alalak di Kalimantan Selatan segera dibuka. Permintaan ini berawal dari desakan warga Kalimantan Selatan agar dapat terhubung dengan Kalimantan Tengah.

Jembatan yang berada di Kalimantan Selatan ini menghubungkan Kota Banjarmasin dengan Kabupaten Barito Kuala menuju Kalimantan Tengah. Kawasan ini terkenal dengan lalu lintas yang macet, terutama setelah Jalan Lingkar Utara yang kondisinya rusak parah pasca-diterjang banjir.

“Benar, Bapak Presiden (Jokowi) meminta agar Jembatan Alalak ini segera dibuka. Kami sedang berkoordinasi dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR),” ujar Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono seperti dikutip dari siaran pers Sekretariat Presiden, Minggu (26/9).

Heru mengatakan, pembukaan jembatan tersebut dapat dilakukan dengan uji coba operasional secara terbatas hingga pelaksanaan peresmian.

“Jenis kendaraan yang diizinkan hanya untuk roda dua dan mobil penumpang,” kata Heru.

Seluruh proses pembangunan Jembatan Sei Alalak telah selesai pada Jumat (24/9). Jembatan ini dibangun untuk menggantikan Jembatan Kayu Tangi I yang telah berusia sekitar 30 tahun. Penyelesaian infrastruktur ini dianggap akan memberikan manfaat besar bagi perekonomian masyarakat.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...