HUT Freeport ke-55, Jokowi Minta Percepat Hilirisasi Produk Tambang

Lavinda
Oleh Lavinda
9 April 2022, 19:28
Freeport
ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja
Sejumlah Haul Truck dioperasikan di area tambang terbuka PT Freeport Indonesia di Timika, Papua.

Presiden Joko Widodo meminta PT Freeport Indonesia (Freeport) berperan dalam proses transformasi bangsa dengan mempercepat hilirisasi produk-produk tambang. Hal ini dapat dilakukan dengan tetap menjaga kelestarian lingkungan secara berkelanjutan. 

"Sehingga memberikan nilai tambah yang lebih tinggi bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat Indonesia,” ujar Presiden Jokowi dalam perayaan ulang tahun Freeport ke-55 seperti dikutip dari keterangan tertulis, Sabtu (9/4).

Dalam acara tersebut, Kepala Negara juga mengapresiasi karyawan Freeport karena dianggap telah mendedikasikan kemampuannya untuk mengolah dan mengelola sumber daya mineral Indonesia. 

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir menyarankan Freeport melakukan transformasi dan inovasi mengatasi tantangan dalam pengelolaan proyek tambang bawah tanah berskala besar dan berkadar tinggi di kawasan mineral Provinsi Papua.  

"Seluruh insan Freeport juga mengatasi tantangan dan beradaptasi pada disrupsi bisnis saat ini, terutama dalam menyongsong teknologi terbaru di sektor Pertambangan,” ujar Erick.

Presiden Direktur Freeport Indonesia Tony Wenas menyatakan, kehadiran Freeport pada 1967 menandai dimulainya investasi asing pertama di era orde baru.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...