Lonjakan Arus Mudik Capai 41%, Pertamina Pastikan Pasokan BBM Aman

Lavinda
Oleh Lavinda
8 Mei 2022, 13:57
Pertamina
ANTARA FOTO/Wahdi Septiawan/YU
Petugas mengisi BBM ke kendaraan konsumen di SPBU 24.361.77 Mayang Mangurai, Kota Baru, Jambi, Kamis (14/4/2022).

PT Pertamina (Persero) memastikan ketersediaan dan penyaluran bahan bakar minyak (BBM) untuk arus balik mudik Lebaran 2022 berada dalam kondisi aman. Padahal jumlah pengendara pada masa arus mudik meningkat hingga 41% tahun ini.

"Secara umum stok dan penyaluran BBM saat ini dalam kondisi aman dan berjalan lancar. Pertamina menjamin seluruh layanan BBM, khususnya Solar, Pertalite, Pertamax dan Avtur dalam kondisi normal," kata Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati dalam keterangan tertulis, dikutip Minggu (8/5).

Hal ini disampaikan Nicke saat memantau langsung ketersediaan dan penyaluran BBM untuk arus balik mudik Idulfitri melalui tampilan layar Pertamina Integrated Enterprise Data and Center Command (PIEDCC), baru-baru ini.

Sebagai informasi, PIEDCC mengelola data secara terintegrasi dari hulu ke hilir secara langsung atau real time selama 24 jam, baik untuk BBM, gas, hingga Avtur.

Tim PIEDCC juga melakukan analisa data menjadi infomasi, mendeteksi data, anomali, menguji keandalan data serta menyusun rangkuman eksekutif atau executive summary dan rekomendasi yang diperlukan dalam proses pengambilan keputusan.

Nicke mengatakan, jumlah pemudik tahun ini diperkirakan mencapai 85 juta pemudik dengan berbagai moda transportasi. Dalam hal ini, Pertamina siaga mengantisipasi lonjakan permintaan BBM untuk arus balik Lebaran.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...