Harga BBM hingga LPG Non-Subsidi Naik, Berikut Daftar Harganya

Lavinda
Oleh Lavinda
11 Juli 2022, 07:29
BBM
Arief Kamaludin|KATADATA
Kilang depot pengisian LPG di Tanjung Priok, Jakarta

PT Pertamina (Persero) kembali menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) non-subsidi jenis Pertamax Turbo dan Dex Series, serta LPG non-subsidi jenis Bright Gas pada pekan ini.

Harga Pertamax Turbo yang sebelumnya dijual Rp 14.500 per liter sekarang menjadi Rp16.200 per liter, Pertamina Dex yang semula Rp 13.700 kini menjadi Rp 16.500 per liter, dan harga Dexlite dari Rp 12.950 naik menjadi Rp 15.000 per liter. Sementara itu, harga LGP Bright Gas juga naik sekitar Rp2.000 per Kilogram (Kg).

Advertisement

"Harga bahan bakar berlaku mulai 10 Juli 2022," demikian pernyataan resmi Pertamina di laman MyPertamina, Minggu (10/7).

Pertamina menyatakan, porsi produk Pertamax Turbo dan Dex Series hanya 5% dari total konsumsi BBM nasional. Sedangkan, porsi produk LPG non-subsidi hanya 6% dari total komposisi LPG nasional.

Sekretaris Perusahaan Pertamina Patra Niaga Irto Ginting menjelaskan, alasan kenaikan harga BBM dan LPG non-subsidi karena mengikuti perkembangan harga minyak dan gas (Migas) dunia.

Pada Juni 2022, harga minyak Indonesia atau Indonesian crude price (ICP) senilai US$ 117,62 atau lebih tinggi 37% dibanding harga pada Januari 2020.

Sementara itu, harga LPG berdasarkan contract price Aramco (CPA) pada bulan lalu menyentuh angka 725 metrik ton atau lebih tinggi 13% dibanding harga rata-rata sepanjang tahun lalu.

Irto mengklaim meski ada kebijakan penyesuaian harga, tapi harga itu masih terbilang kompetitif dibanding produk sejenis yang dijual oleh sejumlah perusahaan penyalur BBM dan LPG di Indonesia.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement