Pertamina Berniat Garap Proyek Blok Masela, Ini Pesan Aspermigas

Muhamad Fajar Riyandanu
9 September 2022, 22:46
Pertamina
ANTARA FOTO/Arif Firmansyah/wsj.
Sejumlah pengendara motor antre untuk mengisi BBM subsidi jenis Pertalite di salah satu SPBU, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Selasa (6/9/2022).

Asosiasi Perusahaan Migas Nasional (Aspermigas) menanggapi pernyataan PT Pertamina (Persero) yang berminat untuk ikut dalam proyek gas alam cair (LNG) Blok Masela di Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Maluku.

Menurut Aspermigas, Pertamina sebaiknya melakukan studi atau pengkajian untung-rugi secara serius, sebelum memastikan ikut dalam proyek sumur gas tersebut.

Direktur Eksekutif Aspermigas, Moshe Rizal menyebut, proyek tersebut merupakan hal yang baru bagi Pertamina. Selain itu, modal untuk Blok Masela jauh lebih besar daripada blok migas lainnya seperti, Blok Rokan dan Mahakam yang merupakan sumur produksi. Pasalnya, Blok Masela masih dalam tahap pengembangan.

"Karena ini masalah uang negara, ini proyek yang berisiko. Pertamina harus melakukan studi secara serius," kata Moshe saat dihubungi lewat sambungan telepon pada Jumat (9/9).

Selain itu, Moshe juga menyarankan agar Pertamina tidak mengambil seluruh hak partisipasi yang ingin dilepas Shell sebesar 35 %. Pertamina diminta untuk membentuk konsorsium dengan sejumlah perusahaan lain.

"Jika Pertamina ambil seluruhnya, 35%. Saya kira itu berat," sambungnya.

Dia melanjutkan, pemerintah juga diminta lebih bijak tatkala mereka meminta Indonesia Investment Authority atau INA untuk bergabung dalam proyek Blok Masela.

"INA itu modalnya juga dari perusahaan asing, mereka itu memberi pinjaman," jelas Moshe.

Moshe menganggap, peristiwa hengkangnya Shell dari proyek LNG Masela harus disikap sebagai pelajaran yang tak boleh terulang. Pasalnya, ujar Moshe, pemerintah musti lebih kompromi terhadap permintaan perusahaan Migas internasional yang punya modal dan teknologi yang lebih maju.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Editor: Lavinda
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...