PTBA dan Korporasi Cina Jajaki Kerja Sama Proyek PLTB 1.300 MW

Muhamad Fajar Riyandanu
27 Oktober 2022, 21:05
PTBA
ANTARA FOTO/Arnas Padda.
Ilustrasi Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB)

PT Bukit Asam Tbk (PTBA) tengah menjajaki proyek pengembangan pembangkit listrik tenaga bayu (PLTB) berkapasitas 1.300 mega watt (MW) di Cina Selatan.

Dalam pengerjaannya, PTBA akan bekerja sama dengan perusahaan pembangkit listrik China Huadian Corporation (CHD) melalui Nota Kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) yang ditandatangani pada tanggal 18 Oktober 2022. Kerjasama ini diharap bisa menjadi gerbang transfer teknologi untuk pengembangan PLTB di Indonesia.

"PTBA bersama CHD menjajaki pengembangan PLTB berkapasitas 1.300 MW di Cina Selatan dan Pengembangan energi terbarukan lainnya di Indonesia," kata Direktur Utama PTBA, Arsal Ismail, dalam konferensi pers Kinerja Perusahaan Kuartal III 2022, Kamis (27/10).

Melalui kerja sama ini, PTBA berharap bisa memperoleh keuntungan berupa transfer teknologi dan kesempatan untuk memperluas kerja sama pembangunan PLTB di Indonesia. Arsal menyampaikan, perusahaan sejauh ini masih mencari lokasi yang sesuai untuk dijadikan tempat pendirikan pembangkit listrik tenaga angin. 

"Kalaupun kami ikut ke CHD, tentu kami minoritas karena kami ingin transfer teknologi di tenaga bayu. Dengan kerja sama dengan CHD, kami ingin mereka masuk dan mengembangkannya di Indonesia. Untuk di Indonesia, kami harus cari lokasi-lokasi," ujar Arsal.

Sebagai perusahaan tambang batu bara, PTBA secara bertahap tengah menjajaki bisnis energi terbarukan yang disebut sebagai bisnis energi masa depan. Menurut Arsal, PTBA mau tak mau harus mengikuti tren bisnis energi yang semakin mengarah kepada sumber energi terbarukan.

"Ini sejalan dengan upaya pemerintah untuk Net Zero Emissions, energi fosil ini mau tidak mau, suka tidak suka, akan berkurang dan PTBA harus siap untuk menghadapi situasi seperti itu," kata Arsal.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Editor: Lavinda
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...