Inflasi Melonjak, Bank Sentral Inggris Kerek Suku Bunga Acuan 25 Bps

Lavinda
Oleh Lavinda
24 Maret 2023, 13:00
Inggris
@BoE_PressOffice/twitter
Bank of England

Bank Sentral Inggris, Bank of England (BoE) menaikkan suku bunga 25 basispoin pada Kamis (23/3) waktu setempat. Kenaikan suku bunga ke-11 berturut-turut ini membuat biaya pinjaman acuan menjadi 4,25%, tertinggi sejak Oktober 2008.

Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk mengendalikan harga, menyusul inflasi bombastis hingga 10,4% pada Februari lalu. Seperti bank sentral negara-negara lainnya, BoE terus menaikkan suku bunga meskipun terjadi gejolak di sektor perbankan baru-baru ini.

"Sejak pertemuan terakhirnya pada Februari, inflasi telah mengejutkan kenaikan secara signifikan dan jalur Produk Domestik Bruto jangka pendek kemungkinan akan lebih kuat dari yang diharapkan sebelumnya," ungkap Bank of England, dalam sebuah pernyataan seperti dikutip CNN.com, Jumat (24/3). 

Pertumbuhan sektor tenaga kerja lebih kuat dari yang diperkirakan, sementara pendapatan rumah tangga diperkirakan tetap datar dalam waktu dekat. Hal ini terjadi setelah pemerintah memperluas dukungannya dalam sektor energi. BoE berpotensi kembali menaikkan suku bunga lebih lanjut jika terbukti ada tekanan harga yang lebih kuat lagi.

Harga konsumen Inggris melonjak sebesar 10,4% pada Februari 2023, dibandingkan dengan tahun lalu, kenaikan inflasi pertama dalam empat bulan, karena harga makanan melonjak dan biaya mengunjungi restoran dan hotel meningkat.

Halaman:
Reporter: Lavinda
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...