BPS Catat Ekspor Produk Olahan Bijih Nikel Capai Rp 74,3 T Kuartal I

Muhamad Fajar Riyandanu
25 April 2023, 15:32
Nikel
PT Antam TBK
Nikel

Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan nilai ekspor produk olahan hilirisasi bijih nikel mencapai US$ 4,98 miliar atau sekira Rp 74,3 triliun sepanjang kuartal I 2023. Komoditas lanjutan tersebut berupa ferro nikel, nikel matte, dan nikel pig iron atau NPI.

BPS merincikan, total nilai ekspor feronikel pada Januari hingga Maret 2023 mencapai US$ 3,75 miliar, dengan mayoritas pembeli dari Cina senilai US$ 3,65 miliar. Sisanya dikirim ke India dan Korea Selatan dengan nilai transaksi masing-masing US$ 45,2 juta dan US$ 29,8 juta.

BPS juga melaporkan realisasi ekspor komoditas nikel matter sepanjang kuartal pertama tahun ini mencapai US$ 1,22 miliar atau sekira Rp 18,2 triliun. Sebagain besar transaksi penjualan berasal dari Cina sebesar US$ 656,7 juta dan Jepang senilai 363,2 juta. Cina juga menjadi eksportir terbesar dari produk NPI dengan nilai US$ 7,5 juta.

Feronikel, Nikel matte dan NPI merupakan hasil olahan bijih nikel saprolite kadar tinggi 1,5% hingga 3% yang dimurnikan di smelter berteknologi Rotary Kiln Electric Furnace (RKEF). Komoditas besi dan baja anti karat merupakan hasil produk lanjutan dari pengolahan tiga produk antara atau bahan baku yang sudah melalui proses pengolahan tersebut.

Sebelumnya, Kementerian Perindustrian (Kemenperin) mencatat torehan ekspor Feronikel dan NPI sepanjang 2022 sejumlah 5,8 juta ton. Hasil hilirisasi bijih nikel itu akan menjadi modal utama dari bahan baku pembuatan produk olahan lanjutan berupa lembaran besi tahan karat atau stainless steel dan hot rolled (hr) stainless steel.

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan, pemerintah memerlukan investasi sebesar Rp 15 triliun untuk mendirikan pabrik pembuatan lembaran besi tahan karat berkapasitas 1,07 juta ton per tahun.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Editor: Lavinda
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...