Pembangkit Listrik Biogas Limbah Sawit Pertama Beroperasi di Riau

Muhamad Fajar Riyandanu
4 Mei 2023, 19:46
Sawit
ANTARA FOTO/Budi Candra Setya/foc.
Foto udara lokasi menumbangkan pohon kelapa sawit di Mesuji Raya, Ogan Komering Ilir, Sumatera Selatan, Sabtu (29/4/2023).

PT Pasadena Biofuels Mandiri mengoperasikan secara komersial atau commercial operation date (COD) Pembangkit Listrik Tenaga Biogas (PLTBg) Ujung Batu berkapasitas 3x1 megawatt yang berlokasi di Desa Sukadamai, Rokan Hulu, Riau, pada Rabu (3/5).

Independent Power Producer (IPP) PLTBg pertama di Provinsi Riau ini beroperasi secara komersial setelah dilakukan penandatanganan Berita Acara COD PLTBg Ujung Batu antara PT PLN Unit Induk Distribusi Riau dan Kepulauan Riau dengan Pasadena Biofuels selaku IPP.

PLTBg Ujung Batu ini memanfaatkan limbah limbah cair dari pabrik minyak kelapa sawit (POME) milik PT Rohul Sawit Industri. Dengan menggunakan teknologi pengolahan secara anaerobik, limbah cair kelapa sawit tersebut diolah menjadi energi biogas.

Hadirnya PLTBg ini mampu berkontribusi untuk mengefisiensi Biaya Pokok Penyediaan (BPP) PLN di Riau sebesar Rp 11,9 miliar per tahun.

Pasadena Biofuels merupakan bagian dari Biodena Energy Group yang berkecimpung pada pengembangan energi baru terbarukan (EBT) dan upaya penurunan emisi karbon serta turut berperan dalam menurunkan emisi gas rumah kaca.

Direktur Utama PT Pasadena Biofuels Mandiri, Edmond Widjaja, mengatakan Biodena Energy Group berkomitmen untuk terus mendukung upaya PT PLN dalam meningkatkan bauran energi hijau di Tanah Air.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Editor: Lavinda
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...