PTBA Tagih Realisasi Kawasan Industri Khusus untuk Gaet Investor Hilir

Muhamad Fajar Riyandanu
5 Mei 2023, 22:43
PTBA
www.ptba.co.id
Bukit Asam (www.ptba.co.id)

PT Bukit Asam Tbk (Persero) atau PTBA mengajukan usulan kepada pemerintah untuk menindaklanjuti pembangunan kawasan industri khusus di Tanjung Enim, Sumatera Selatan. Langkah ini ditujukan untuk menggaet investor proyek gasifikasi batu bara menjadi Dimethyl Ether (DME).

Proyek gasifikasi ditaksir sanggup menghasilkan 1,4 juta ton DME per tahun dari batu bara berkalori 4.200 sebanyak 6 juta ton. Namun, proyek ini mandek usai perusahaan pengolahan gas dan kimia asal Amerika Serikat (AS), Air Products and Chemicals Inc, mundur sebagai investor primer.

Proyek senilai Rp 34,04 triliun itu juga akan memproduksi metanol 2,1 juta ton per tahun dan Syngas atau gas sintetis sebesar 4,5 juta kN/m3 per tahun.

"Kami mengusulkan agar Kawasan Industri Tanjung Enim ditetapkan menjadi KEK dalam rangka mendapatkan insentif bagi investor yang berkontribusi dalam pengembangan hilirisasi batu bara," kata Sekretaris Perusahaan PTBA, Apollonius Andwie, lewat pesan singkat pada Jumat (5/5).

KEK yang dimaksud adalah kawasan industri terintegrasi seluas 585 hektar di Tanjung Enim. Kawasan yang diberi nama 'Bukit Asam Coal-Based Industrial Estate' itu diproyeksikan bakal menjadi sentra industri berbasis hilirisasi dan energi.

Pengadaan kawasan ekonomi khusus diharap bisa menarik modal investor dengan tawaran insentif-insentif yang diberikan oleh pemerintah. Lahan khusus itu ditujukan untuk pembangunan industri hilirisasi yang bekerja sama dengan mitra potensial.

Selain itu, PTBA telah mengalokasikan cadangan batu bara khusus untuk proyek hilirisasi, sehingga kebutuhan batu bara untuk industri hilirisasi dapat terjamin. "Dengan dukungan kuat dari pemerintah, PTBA optimistis hilirisasi batu bara akan dapat diwujudkan," ujar Apollo.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Editor: Lavinda
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...