Acuan Harga Nikel Indonesia Ditargetkan Aktif pada Akhir 2023

Muhamad Fajar Riyandanu
30 Mei 2023, 21:58
Nikel
Dokumentasi perseroan
Petugas menunjukkan produk nikel mixed hydroxide precipitate (MHP) di Harita Nickel.

Kementerian Koordinasi Kemaritiman dan Investasi atau Kemenko Marves memastikan implementasi indeks harga nikel Indonesia atau Indonesia Nickel Prices Index sebagai instrumen transaksi jual-beli nikel di pasar domestik berjalan akhir tahun ini.

"Akhir tahun ini paling tidak indeksnya sudah jadi. Kami sedang minta proposalnya dari masing-masing operator indeks dan lihat mana yang paling bagus," kata Deputi Bidang Koordinasi Investasi dan Pertambangan Kemenko Marves, Septian Hario Seto kepada wartawan di Hotel Shangri-La Jakarta pada Selasa (30/5).

Seto mengatakan indeks harga nikel Indonesia ini akan menjadi acuan transaksi jual beli tiga produk olahan bijih nikel kelas dua, yakni nickel pig iron (NPI) feronikel hingga nikel matte yang menjadi bahan baku pembuatan stainless steel.

Indeks harga ini ditujukan untuk mengurangi selisih harga yang muncul dari nilai aktualisasi penjualan nikel dengan harga patokan mineral (HPM) yang selama ini mengacu pada rerata harga nikel di pasar London Metal Exchange (LME).

HPM saat ini masih berpatokan pada rerata harga nikel di bursa LME yang merujuk pada jenis nikel kelas satu sebagai bahan baku kendaraan listrik.

Fungsi indeks harga nikel Indonesia akan mirip dengan skema harga batu bara acuan atau HBA yang mengatur besaran kewajiban tarif royalti pelaku usaha batu bara di dalam negeri. Regulasi mengenai pengenaan royalti nikel tercantum di Peraturan Menteri (Permen) Nomor 11 Tahun 2020.

Meski tidak menjamin perlindungan terhadap fluktuasi harga LME, ujar Seto, keberadaan indeks harga nikel Indonesia dapat menjadi patokan pemerintah untuk lebih reflektif terhadap kondisi pasar nikel di dalam negeri.

Inisiatif pengadaan harga acuan nikel domestik juga berangkat dari produksi nikel dunia yang saat ini didominasi oleh nikel kelas dua. "Sekarang dunia kan dominasinnya nikel kelas dua, bukan lagi yang nikel kelas satu," ujar Seto.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Editor: Lavinda
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...