PLN Operasikan PLTS di Perbatasan dengan Malaysia

Lavinda
Oleh Lavinda
21 Agustus 2023, 11:55
PLN
PLN
Ilustrasi

PLN mengoperasikan Pembangkit Listrik Tenaga Surya atau PLTS berkapasitas 371 kWp + 708 kWh baterai di Desa Temajuk, Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat. Ini merupakan daerah perbatasan darat dengan Sarawak, Malaysia.

"Ini menjadi kado terindah bagi ribuan masyarakat perbatasan Kabupaten Sambas untuk dapat menikmati listrik PLN selama 24 jam penuh," kata General Manager PLN UID Kalimantan Barat Wahyu Jatmiko seperti dikutip Antara, Senin (21/8).

Menurut dia, posisi strategis Desa Temajuk yang berada di pesisir pantai dan berbatasan langsung dengan Malaysia memiliki potensi dan daya tarik bagi pengembangan wilayah perbatasan ke depan.

Kedekatan dengan negara tetangga tidak hanya dalam hal lokasi, tetapi juga dalam aspek sosial dan ekonomi antara warga Desa Temajuk dan Kampung Melano, Malaysia. Desa Temajuk, khususnya Dusun Sempadan, berjarak kurang dari 1 kilometer (Km) dengan batas negara. Pada akhir pekan, banyak wisatawan mancanegara dari Malaysia dan wisatawan domestik yang berkunjung ke Desa Temajuk.

"Selain berwisata ke pantai, tidak sedikit wisatawan yang hanya sekedar makan atau berwisata kuliner di Desa Temajuk. Keberadaan listrik tentu akan mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat di sana," ujar Jatmiko.

Dengan listrik yang akan disuplai oleh pembangkit eksisting dan didukung oleh PLTS Temajuk, paling tidak ada 786 rumah warga yang akan menikmati listrik PLN. Hal itu untuk menunjang aktivitas warga, sekaligus mendukung para pelaku UMKM dalam mengembangkan usahanya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...