InJourney dan Kemenparekraf Kolaborasi Sukseskan MotoGP™ Mandalika

Dini Hariyanti
Oleh Dini Hariyanti - Tim Publikasi Katadata
15 Oktober 2023, 16:31
Penyelenggaraan MotoGP™ Mandalika 2023 memacu pengembangan Mandalika sebagai destinasi pariwisata super prioritas (DPSP).
ITDC
Penyelenggaraan MotoGP™ Mandalika 2023 memacu pengembangan Mandalika sebagai destinasi pariwisata super prioritas (DPSP).

PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau InJourney berkolaborasi dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) untuk menyukseskan balap internasional MotoGP™ Mandalika 2023. Acara ini bertempat di Pertamina Mandalika International Circuit, Nusa Tenggara Barat (NTB), pada 13-15 Oktober 2023.

Melalui anak usaha InJourney, PT Pengembangan Pariwisata Indonesia atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), perseroan menyepakati publikasikan branding “Wonderful Indonesia” melalui penyelenggaraan MotoGP™ Mandalika 2023, pada 12 Oktober 2023.

“Wonderful Indonesia” merupakan brand equity yang menjadi identitas industri pariwisata dan ekonomi kreatif RI yang mendunia. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengatakan, di dalam strategi branding negara diketahui bahwa “Wonderful Indonesia” berada di peringkat ke-25 dunia.

“MotoGP™ memiliki kelompok pendukung yang fanatik dalam jumlah besar. Hal itulah yang kami garap, terlebih Indonesia merupakan salah satu fans terbesar MotoGP™ di dunia,” tutur Sandiaga dikutip dari siaran pers, Minggu (15/10).

Hal tersebut juga menjadi strategi untuk semakin memperkenalkan DPSP Mandalika, serta demi  mendorong masyarakat agar berwisata #DiIndonesiaAja.

Sandiaga mengimbuhkan, pihaknya optimis bahwa industri pariwisata olahraga dalam MotoGP™ akan menjadi peluang yang terus berkembang. Terlebih, Indonesia akan menjadi tuan rumah MotoGP™ Mandalika selama sepuluh tahun sejak 2022.

“Kami harap, bisa membangkitkan ekonomi serta membuka peluang usaha dan lapangan kerja seluas-luasnya. Kami meyakini bahwa ini adalah kebijakan yang tepat sasaran, tepat manfaat dan tepat waktu,” tuturnya.

Branding “Wonderful Indonesia” merupakan strategi pemerintah untuk mempromosikan negeri ini sebagai destinasi pariwisata yang menarik di tingkat nasional maupun internasional. Oleh karena itu, dengan mempublikasikan branding ini pada penyelenggaraan MotoGP™ Mandalika 2023, diharapkan bisa memperkuat minat  penonton mancanegara untuk berkunjung ke Tanah Air.

InJourney Berkomitmen Kembangkan Mandalika

Berkolaborasi dengan Kementerian BUMN, Kementerian PUPR, dan pemerintah daerah, InJourney melalui ITDC berkomitmen untuk terus mengembangkan destinasi pariwisata Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika.

Mandalika terus berbenah untuk menjadi destinasi wisata premium kelas dunia. Hal ini ditempuh dengan melakukan pembangunan infrastruktur dan fasilitas pendukung yang berkelanjutan.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement