Mengenal 6 Negara Asia Timur, dari Korea Selatan hingga Jepang

Annisa Fianni Sisma
27 Februari 2023, 15:44
Negara Asia Timur
Britannica
Ilustrasi, Jepang Sebagai Salah Satu Negara Asia Timur

Negara Asia Timur secara geografis terdiri dari negara Korea Utara, Korea Selatan, Mongolia, China, Taiwan, Jepang. Wilayah Asia Timur itu memiliki pengaruh yang kuat bagi dunia karena negara di dalamnya memiliki kekuatan ekonomi dan militer yang kuat.

Negara di Asia Timur terkenal akan budaya dan wilayahnya yang menarik untuk dijadikan tempat wisata. Namun tak hanya itu, negara Asia Timur juga memiliki ciri khas yang menarik dipahami.

Ciri khas tersebut berupa suku, agama, penduduk, luas wilayah, dan lain sebagainya. Berkaitan dengan itu, simak ulasan berikut ini tentang negara Asia Timur.

Negara Asia Timur

Jumlah negara Asia Timur adalah 6 negara. Urgensi memahami keenam negara ini adalah karena negara ini juga bekerja sama dengan Indonesia dalam beberapa bidang. Berikut ini sederet penjelasan tentang masing-masing negara Asia Timur.

1. Korea Selatan

Negara Asia Timur
Negara Asia Timur (Britannica)
 

Korea Selatan menjadi salah satu negara Asia Timur yang menarik untuk dipahami. Nama resmi Korea Selatan adalah Daehan Minguk atau Republik of Korea dengan ibu kota Seoul.

Luas Korea Selatan mencapai 97,100 km persegi. Populasinya kurang lebih 53.165.000. Kepala Negara dan Pemerintahan yakni Presiden dan Perdana Menteri.

Mata uang Korea Selatan adalah Won. Bahasa resmi yang digunakan oleh Korea Selatan adalah bahasa Korea.

Korea Selatan berbatasan langsung di bagian utara dengan Korea Utara, di timur yakni Laut Jepang, dan di selatan yakni Laut Cina Timur serta Laut kuning di bagian Barat. Pada bagian tenggara, Korea Selatan dipisahkan dari pulau Tsushima Jepang oleh Selat Korea.

Korea Selatan didominasi oleh masyarakat Korea, kemudian ada pula masyarakat Jepang, Amerika, dan China, serta lainnya. Masyarakat setempat dominan tidak beragama kemudian disusul oleh Protestan, Budha dan Katolik.

2. Korea Utara

Negara Asia Timur
Negara Asia Timur (Britannica)
 

Negara Asia Timur berikutnya adalah Korea Utara yang terletak di bagian utara Korea. Negara ini berbatasan dengan Cina dan Rusia di bagian utara dan selatan yakni dengan Korea Selatan.

Ibu kota Korea Utara adalah Pyongyang, yang merupakan pusat industri dan transportasi utama dekat pantai barat. Penduduk Korea Utara adalah orang asli Korea dan sekitar 0.2% orang Cina. Oleh sebab itu, Korea Utara dianggap sebagai daerah paling homogen.

Halaman:
Editor: Agung

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...