Korea Utara Uji Coba Rudal Antarbenua Jelang Latihan Militer AS-Korsel

Desy Setyowati
19 Februari 2023, 09:58
korea utara, rudal, nuklir
ANTARA FOTO/REUTERS/KCNA /aww/sad.
Rudal balistik antarbenua Hwasong-17 ikut dalam parade militer malam hari untuk menandai peringatan 90 tahun berdirinya Tentara Revolusioner Rakyat Korea di Pyongyang, Korea Utara, dalam foto tak bertanggal yang dirilis oleh Kantor Berita Pusat Korea (KCNA) Korea Utara pada Selasa (26/4/2022).

Korea Utara mengonfirmasi telah menguji rudal balistik antarbenua (ICBM) Hwasong-15. Mereka menggembar-gemborkan kemampuan 'serangan balik nuklir yang fatal'.

Peluncuran rudal balistik jarak jauh ke laut lepas pantai barat Jepang digelar pada Sabtu sore setelah Korea Utara memperingatkan tanggapan kuat terhadap latihan militer Korea Selatan dan Amerika Serikat (AS) dalam waktu dekat.

Advertisement

"Latihan peluncuran ICBM yang mengejutkan adalah bukti nyata upaya konsisten kekuatan nuklir strategis DPRK Korea Utara untuk mengubah kapasitas serangan balik nuklir yang fatal terhadap pasukan musuh," kata kantor berita negara KCNA.

DPRK adalah singkatan dari nama resmi Korea Utara, Republik Demokratik Rakyat Korea atau Democratic People's Republic of Korea.

Saudara perempuan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un, Kim Yo Jong mengecam Amerika Serikat karena mencoba untuk mengubah Dewan Keamanan PBB menjadi apa yang disebutnya sebagai ‘alat untuk kebijakan permusuhannya yang keji’ terhadap Pyongyang.

"Saya peringatkan bahwa kami akan mengawasi setiap gerakan musuh dan melakukan tindakan balasan yang sesuai dan sangat kuat dan luar biasa terhadap setiap gerakan yang memusuhi kita," kata Kim Yo Jong dikutip dari Reuters, Minggu (19/2).

Penembakan rudal pertama Korea Utara dilakukan pada 1 Januari. Uji coba baru-baru ini dilakukan setelah Pyongyang mengancam akan memberikan tanggapan ‘keras dan gigih’ ketika Korea Selatan dan Amerika Serikat bersiap untuk latihan militer tahunan.

Latihan militer bersama Korea Selatan dan Amerika Serikat itu sebagai bagian dari upaya menangkis serangan Korea Utara.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement