Memahami Cara Membuat Paklaring Kerja

Annisa Fianni Sisma
5 Juni 2023, 11:21
Cara Membuat Paklaring Kerja
Pexels
Ilustrasi, surat paklaring kerja.

Surat paklaring adalah surat keterangan yang menyatakan bahwa seseorang pernah bekerja di sebuah perusahaan dengan jabatan tertentu. Berkenaan dengan itu, menarik memahami cara membuat paklaring kerja.

Surat paklaring kerap dibutuhkan oleh karyawan dalam kondisi tertentu. Contohnya sebagai surat rekomendasi yang menerangkan pengalaman dan lain sebagainya. Pembuatan surat paklaring kerja harus sesuai standar dan format agar lebih mudah dipahami setiap pembaca. Simak cara membuat paklaring kerja dalam uraian berikut ini.

Cara Membuat Paklaring Kerja
Cara Membuat Paklaring Kerja (Pexels)

Cara Membuat Paklaring Kerja

Langkah-langkah di bawah ini perlu diperhatikan agar format surat paklaring kerja lebih rinci dan jelas. Berikut langkah-langkah dalam cara membuat paklaring kerja selengkapnya.

1. Mengajukan Ke Bidang Personalia

Cara membuat paklaring kerja yang pertama adalah mengajukan ke divisi yang menangani urusan di bidang personalia. Pengajuan ini dapat dilakukan secara lisan maupun tertulis sesuai dengan kebijakan perusahaan.

Nantinya perusahaan akan membuat surat paklaring kerja yang memuat identitas perusahaan, identitas karyawan, masa kerja, jabatan yang dipegang, dan lain sebagainya. Karyawan cukup memastikan kebenaran data yang tercantum dalam surat tersebut jika surat paklaring sudah selesai dibuat.

2. Pastikan Surat Paklaring Mengikuti Format Surat Paklaring Kerja

Surat paklaring kerja wajib sesuai dengan format yang standar. Berikut ini rincian format beserta penjelasan lengkapnya.

  • Kop Surat

Kop surat merupakan identitas pihak yang mengeluarkan surat paklaring. Kop surat berisi nama perusahaan, alamat email, lokasi, logo, dan lembaga atau instansi yang menaungi jika ada.

  • Nomor Surat

Adapun format dalam surat paklaring berikutnya adalah nomor surat. Nomor surat merupakan identitas surat sehingga dapat diketahui surat ke berapa yang keluar dan dari divisi mana yang mengeluarkannya. Hal ini mempermudah perusahaan dalam mencari arsipnya tanpa harus membuat lagi.

  • Isi Surat

Isi surat merupakan muatan surat paklaring yang paling utama. Di dalamnya terdapat identitas karyawan yang bersangkutan, jabatan yang dipegang, masa bekerja, informasi terkait pengalaman kerja tersebut dan lain sebagainya.

  • Pengesahan Perusahaan

Surat paklaring wajib memuat pengesahan dari perusahaan. Hal ini sebagai tanda informasi dalam surat keterangan paklaring tersebut adalah benar dan dapat dipertanggungjawabkan.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement