Cara Membuat Surat Lamaran Kerja dan Contohnya

Annisa Fianni Sisma
26 September 2023, 18:19
Cara Membuat Surat Lamaran Kerja
Pexels
Cara Membuat Surat Lamaran Kerja

Surat lamaran kerja diperlukan bagi calon pegawai yang ingin melamar pekerjaan di suatu perusahaan. Berkaitan dengan hal tersebut, menarik mengetahui cara membuat surat lamaran kerja.

Surat lamaran kerja adalah surat permohonan yang merupakan surat resmi untuk bekerja di suatu perusahaan atau lembaga. Surat ini kerap diberikan lampiran beberapa dokumen seperti identitas pelamar yakni fotokopi KTP, Ijazah, dan lain sebagainya.

Sebagai dokumen resmi, bahasa yang digunakan pun sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia. Surat lamaran kerja diberikan kepada perusahaan baik secara langsung atau melalui email. Untuk mengetahui rincian mengenai surat lamaran kerja, simak uraian berikut.

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja
Cara Membuat Surat Lamaran Kerja (Pexels)
 

Sebelum membuat surat lamaran kerja, siapkan terlebih dahulu dokumen penunjang lainnya. Dokumen penunjang tersebut yakni Ijazah, Akta, KTP, KK (kartu keluarga), dan lain sebagainya. Selanjutnya, simak langkah-langkah berikut:

1. Tentukan Tujuan Penulisan

Cara membuat surat lamaran kerja yang pertama adalah menyusun tujuan penulisan. Tujuan tersebut yakni lamaran sebagai jabatan tertentu pada sebuah perusahaan.

2. Salam Pembuka dan Pengantar

Buat salam pembuka dan juga pengantar di awal surat. Kata-kata tersebut yakni: “Dengan hormat”, “Selamat pagi’, dan lain sebagainya. Kemudian jelaskan informasi lowongan pekerjaan dan sumbernya.

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja
Cara Membuat Surat Lamaran Kerja (Pexels)
 
 

3. Data Diri

Cara membuat surat lamaran kerja berikutnya adalah menyajikan data diri. Data diri tersebut berupa nama lengkap, jenis kelamin, pendidikan terakhir, tempat dan tanggal lahir, alamat email, nomor HP, dan lain sebagainya.

Pastikan data diri sesuai dengan dokumen resmi seperti KTP, KK, Ijazah, dan Akta Kelahiran. Hal ini penting agar informasi dapat dipercaya dan data diri dapat divalidasi untuk kebutuhan lainnya.

4. Pengalaman Kerja

Selanjutnya, jelaskan terkait pengalaman kerja dan kemampuan. Hal ini dapat menjadi bagian yang meyakinkan perusahaan untuk menerima pelamar.

Sampaikan jangka waktu pelamar menggeluti bidang itu. Sampaikan pula prestasi yang dimiliki pelamar selama menggeluti jabatan tersebut di perusahaan berikutnya.

Jika belum pernah bekerja, maka sampaikan kegiatan organisasi yang disampaikan di kampus. Kemudian jelaskan pula prestasi yang berkaitan dengan bidang tersebut.

5. Penutup

Setelah itu adalah bagian penutup. Bagian ini pada umumnya berisi terkait harapan calon pelamar kerja agar dipertimbangkan sebagai calon karyawan. Selain itu, sampaikan pula salam penutup.

6. Pastikan Kebenaran Informasi

Cara membuat surat lamaran kerja yang terakhir yakni memastikan kembali kebenaran isi surat. Kebenaran tersebut meliputi alamat tujuan pengiriman surat, perusahaan yang dituju, jabatan yang dilamar, identitas pelamar, dan lain sebagainya.

Contoh Surat Lamaran Kerja

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja
Cara Membuat Surat Lamaran Kerja (Pexels)
 

Setelah mengetahui bagian-bagian surat lamaran tersebut, menarik melihat contoh surat lamaran kerja. Berikut ini contoh surat lamaran kerja tersebut:

Kepada Yth.
Bapak/Ibu HRD/Personalia
PT Sejahtera Menawan Indah
Di Jalan Pisang Semangka Nomor 2, Colomadu, Bantul, D I Yogyakarta

Dengan hormat,
Berkenaan dengan lowongan pekerjaan yang dipublikasikan PT Sejahtera Menawan Indah berupa posisi Staf HRD di LinkedIn, saya tertarik untuk mengisi posisi tersebut. Adapun alasan saya tertarik yakni pengalaman saya yang sesuai untuk posisi yang dibutuhkan perusahaan. Informasi singkat mengenai data diri saya yang dapat dijadikan pertimbangan yakni sebagai berikut:

Nama : Putra Dwi Raditya, S.Psi.
Tempat Tanggal Lahir : Surabaya, 13 Oktober 1990
Pendidikan Terakhir : S1 Psikologi Universitas Jaya Purnama
Lulus Tahun : 2012
Alamat : Jl. KH. Agus Salim, Gejayan, Sleman, D I Yogyakarta
Telepon : 081 223 456 782
Email : putradwir@gmail.com

Saya memiliki pengalaman sebagai Staf HRD di PT Yasanafa Sejahtera selama 10 tahun. Dalam mengemban amanah tersebut, saya berhasil membuat sistem perekrutan yang efisien dan efektif di perusahaan tersebut. Selain itu, saya juga berkesempatan mengikuti beberapa pelatihan terkait Sumber Daya Manusia dalam bidang Ketenagakerjaan.

Saya juga merupakan orang yang belajar dengan cepat dan mudah memahami hal baru serta adaptif. Saya dapat bekerja sama maupun individu. Saya memahami tanggung jawab dengan baik dan komunikatif. Selain itu, saya juga solutif atas segala situasi yang dinilai sulit.

Sebagai bahan pertimbangan lainnya, saya melampirkan dokumen yang berkaitan dengan posisi tersebut. Berikut ini jenis dokume-dokumen tersebut:

1. Daftar Riwayat Hidup/CV
2. Fotokopi Ijazah
3. Fotokopi Transkrip Nilai Akademik
4. Fotokopi Sertifikat Keahlian
5. Fotokopi Sertifikat Kompetensi
6. Fotokopi Sertifikat TOEFL
7. Fotokopi KTP
8. Pas Foto
9. Surat Pengalaman Kerja
10. Surat Keterangan Sehat

Demikian surat lamaran kerja ini saya sampaikan, besar harapan saya untuk dapat bekerja sama dengan bapak/ibu. Atas perhatiannya, saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Putra Dwi Raditya

Itulah penjelasan mengenai cara membuat surat lamaran kerja dan juga contohnya.

 

Editor: Safrezi

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...